Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

23 Warga Aceh Tengah Tewas akibat Gempa

Kompas.com - 03/07/2013, 17:02 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN, KOMPAS.com — Satu orang lagi korban gempa ditemukan tewas di Kampung Serampah, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh, Provinsi Aceh. Dengan demikian, sampai Rabu  (3/7/2013) pukul 16.00 WIB, total 23 jenazah telah ditemukan di kabupaten tersebut.

Demikian diungkapkan Camat Ketol, Saleh, yang dihubungi via telepon selular, Rabu sore. Kata dia, korban yang baru ditemukan tertimbun reruntuhan rumah dan longsor dari pegunungan yang terdapat di belakang rumah korban.

"Mayoritas rumah di Kampung Serampah ini runtuh dan tertimbun longsor. Bahkan ada yang masuk ke dalam hingga setengah meter,” terangnya.

Kondisi tanah yang gembur dan kosong membuat banyak rumah di Kampung Serampah yang ambles ke dalam tanah saat gempa terjadi Selasa (2/7/2013).

Saleh menambahkan, ada rumah yang terseret Sungai Krueng Peusangan, karena rumah-rumah itu berdiri di bantaran salah satu sungai terbesar di Aceh itu. Hingga kini ratusan orang belum ditemukan akibat bencana ini.

Selain Kampung Serampah, terdapat tiga desa lain di Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, yang mengalami kerusakan terparah akibat gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter yang mengguncang Aceh. Ketiga desa itu adalah Desa Blang Mancung Atas, Blang Mancung Bawah, dan Bah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com