Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Tol Pejagan-Cilacap Dinilai Jadi Solusi Kemacetan Jalur Ajibarang-Bumiayu

Kompas.com - 17/04/2024, 13:34 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Rencana pembangunan ruas tol Pejagan-Cilacap mendesak dilakukan. Hal itu untuk memecah kemacetan di ruas jalan Ajibarang, Kabupaten Banyumas-Bumiayu, Kabupaten Brebes, seperti yang terjadi pada arus balik kemarin.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyumas Agus Sriyono mengatakan, pembangunan tol Pejagan-Cilacap menjadi solusi yang perlu dipertimbangkan untuk mengatasi kemacetan tersebut.

Baca juga: Setelah Macet Tiga Hari Berturut-turut, Simpang Ajibarang Banyumas Kembali Normal

"Pembangunan jalan tol Pejagan-Cilacap tidak hanya digunakan pada masa Lebaran saja, tetapi volume lalu lintas yang terus meningkat. Jika dilakukan pelebaran jalan, masih akan menjadi permasalahan karena banyaknya hambatan samping sepanjang jalur tersebut," kata Agus kepada wartawan, Rabu (17/4/2024).

Menurutnya, jika jalan tol Pejagan-Cilacap terwujud maka kelancaran lalu lintas dan perekonomian di jalur selatan akan semakin meningkat.

"Kerena pengaturan manajemen dan rekayasa lalu lintas hanya akan mengalihkan kemacetan dan lancar bersifat sementara," ujar Agus.

Agus menjelaskan, ada berbagai macam faktor yang menjadi penyebab kemacetan di ruas jalan tersebut. Salah satunya, volume kendaraan melebihi kapasitas jalan.

"Arus lalu lintas melalui jalur selatan Pejagan- Bumiayu- Ajibarang- Kebumen- Yogyakarta, masih terjadi hambatan kelancaran seperti ruas Bumiayu - Pejagan yang pada arus balik mengalami antrean dan kemacetan pada 13 sampai 15 April, karena banyak faktor penyebab, antara lain volume arus lalu lintas melebihi kapasitas jalan," jelas Agus.

Selain itu, hambatan samping seperti banyaknya simpang prioritas yang diatur warga, keluar masuk rumah makan, SPBU dan lokasi wisata.

"Pengguna jalan yang sengaja menggunakan jalur berlawanan atau ngeblong juga menyebabkan lalu lintas tambah terganggu. Kendaraan mogok dan kecelakaan lalu lintas yang semuanya menyebabkan antrean dan kemacetan di ruas Ajibarang- Bumiayu-Pejagan," kata Agus.

Diberitakan sebelumnya, kemacetan terjadi di ruas jalan Ajibarang-Bumiayu, pada Sabtu-Senin (13-15/4/2024).

Polisi juga sempat menerapkan one way jalur Ajibarang-Bumiayu pada Sabtu dan Minggu malam. Selain itu, polisi juga mengalihkan arus lalu lintas kendaraan yang ke arah Jakarta via Tol Pemalang dan Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com