Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Wakil Walkot Tangsel Salurkan 88 Hewan Kurban, Termasuk Hasil Penyembelihan Mandiri

Kompas.com - 30/06/2023, 16:33 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menyalurkan 88 hewan kurban pada Idul Adha 1444 Hijriah (H) atau 2023 Masehi.

Dari 88 hewan kurban itu, sebanyak 44 hewan merupakan kambing dan 44 hewan adalah sapi. Seluruh hewan kurban akan dibagikan merata ke tujuh kecamatan di wilayah Tangsel.

Untuk pendistribusian hewan kurban tersebut dilakukan melalui beberapa lembaga hingga pondok pesantren (ponpes), termasuk masjid dan musala di sekitar pusat pemerintahan Tangsel.

Idul Adha 1444 Hijriah (H) atau 2023 Masehi diperingati setiap Muslim dengan penuh rasa syukur dan sukacita.

Khusus perhelatan Idul Adha 2023, Pemkot Tangsel merayakan ibadah Idul Kurban di dua tempat, yaitu Islamic Center Tangsel dan Masjid Jami Al I'tishom.

Baca juga: Saat Sapi-sapi Kurban Mengamuk dan Kabur...

Salah satu sapi kurban yang langsung dibagikan ke Masjid Al-I'tishom, berasal dari Wakil Wali Kota (Wawalkot) Tangsel Pilar Saga Ihsan dan keluarganya.

Wakil Walikota (Wawalkot) Tangsel Pilar Saga Ihsan mengatakan, peringatan Idul Adha menjadi spesial karena penyembelihan hewan kurban sapi di Masjid Jami Al I'tishom dilakukan secara mandiri.

Alhamdulillah pada hari ini, di hari pertama Hari Raya Idul Adha, saya berkesempatan untuk menyerahkan seekor sapi kepada Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) di Masjid Al-I'tishom, Tangsel, atas nama saya dan keluarga," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (30/6/2023).

Tak lupa, Pilar mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan DKM.

Ia berharap, penyembelihan sapi yang dilakukannya secara mandiri dapat menjadi berkah untuk seluruh pihak, dari diri sendiri, keluarga, hingga masyarakat Tangsel.

Baca juga: 4 Tips Wall Climbing di Bremgra Tangsel, Perhatikan Berat Badan

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat tiba di lokasi penyembelihan hewan kurban usai melaksanakan salat ied di Masjid Baiturrahmi, Islamic Center Tangsel, Kamis (29/6/2023)

Dalam kesempatan tersebut, Pilar mengatakan bahwa petuah orangtua atau sesepuh menjadi alasannya untuk menyembelih hewan kurban sendiri.

"Saya usahakan setiap tahun selalu bisa potong sendiri. Karena bagaimanapun juga kan ada niatan, ada doa yang kita sampaikan. Beda rasanya kalau kita potong sendiri dengan dititipkan kepada orang lain. Saya merasa lebih afdal,” ucapnya.

Akan tetapi, lanjut Pilar, semua tergantung cara pandang masing-masing. Menurutnya, semua cara, baik yang menitipkan kurban dan tidak ingin memotong kurban sendiri serta memotong sendiri kurbannya, bernilai sama. 

“Tapi bagi saya, karena pernah diberitahu orangtua saya, saya merasa lebih afdal untuk memotong kurban sendiri," jelasnya.

Baca juga: Viral, Video Gedung Dipenuhi Tumpukan Daging, Ternyata Desa di Banjarnegara Ini Sembelih 605 Hewan Kurban

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com