Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Apresiasi Program Lorong Wisata Walkot Makassar, CEO Humas Indonesia: Patut Ditiru di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 17/06/2023, 17:57 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Chief Executive Officer (CEO) Humas Indonesia Asmono Wikan mengapresiasi program Lorong Wisata yang digulirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Hal tersebut dikatakan Asmono Wikan usai dua hari tinggal di Kota Makassar. Selama dua hari itu, dia bersama 100 delegasi humas dari berbagai kota di Indonesia berkeliling di beberapa Lorong Wisata.

Dari situ, Asmono melihat banyak hal yang baru dan bermanfaat di Lorong Wisata. Dia takjub dengan ukuran lorong yang tidak seberapa, tetapi dapat disulap menjadi lorong yang memiliki kontribusi positif bagi Kota Makassar, khususnya warga sekitar Lorong Wisata.

“Menelusuri ikon-ikon di Kota Makassar tidak cukup hanya dua hari. Butuh beberapa hari agar bisa menikmati keindahan Kota Makassar. Istilahnya dompet harus menipis di Kota Makassar sebelum kembali ke kota masing-masing,” ungkapnya dalam sambutannya di malam penganugerahan Indonesia GPR Awards (IGA) 2023, di Hotel Claro, Jumat (16/06/2023).

Baca juga: Danny Pomanto Instruksikan Kontainer Jadi Posko Program Jagai Anakta

Asmono berharap, hal-hal seperti Lorong Wisata dan inovasi lainnya dapat dipublikasikan dengan baik dan terarah agar dapat menjadi contoh inovasi yang positif bagi kota-kota lainnya.

Lebih spesifik, dia mengatakan, inovasi dan program prioritas Wali Kota (Walkot) Makassar Mohamad Ramdhan Pomanto itu patut ditiru kepala daerah di seluruh penjuru Indonesia.

“Lorong Wisata ini sangat patut ditiru dan dicontoh di seluruh penjuru Indonesia. Konsep yang begitu memiliki arti dan identitas yang menarik,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Makassar Andi Muhammad Yasir mengungkapkan, Pemkot Makassar pada masa kepemimpinan Danny-Fatma berfokus mengembangkan inovasi-inovasi yang memiliki kontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Salah satunya adalah Lorong Wisata yang menjadi jawaban dalam menekan inflasi dan cara untuk memantik kemandirian ekonomi masyarakat.

Baca juga: Pegawai Dishub Makassar Cekcok dengan Ojol Saat Tertibkan Parkir Liar, Ini Respons Danny Pomanto

Andi menyebutkan, kesuksesan Lorong Wisata tidak lepas dari kerja-kerja kehumasan kota Makassar dalam mempublikasi keunggulan dan daya tarik yang terdapat di dalam Lorong Wisata.

“Pak Wali sendiri sudah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang membantu mengelola informasi di setiap lapisan Pemkot Makassar, mulai dari organisasi perangkat daerah (OPD) hingga setiap kecamatan,” terangnya yang hadir mewakili Ramdhan Pomanto.

Andi berharap, kegiatan IGA Awards bisa memacu kinerja kehumasan di setiap jajaran pemerintahan agar pemberitaan-pemberitaan positif dapat tersampaikan langsung kepada masyarakat luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com