Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terekam CCTV, Aksi Maling Ambil Wudu Sebelum Bobol Kotak Amal Mushala di Malang

Kompas.com - 19/03/2023, 22:56 WIB
Maya Citra Rosa

Editor

KOMPAS.com - Maling terekam CCTV bobol kotak amal di mushala Al Mukhlisin yang berada di Jalan Derkuku Selatan RT 9 RW 8 Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Pelaku melakukan aksinya dengan merusak gembok kotak amal dan menguras uang yang ada di dalamnya, pada Sabtu (18/3/2023).

Ketua RT setempat, Achmad Sahal membenarkan adanya kejadian tersebut.

Dia bersama warga mengecek rekaman CCTV yang terpasang di dekat mushala.

Dari rekaman CCTV, terlihat seorang pelaku datang menaiki sepeda motor ke mushala pukul 13.50 WIB.

"Pelaku ini langsung menuju pintu musala. Setelah dipastikan pintu musala tidak terkunci, pelaku wudhu terlebih dahulu lalu masuk ke dalam musala. Sekitar pukul 14.02 WIB, pelaku selesai melakukan aksinya dan langsung bergegas meninggalkan musala," terangnya.

Baca juga: Maling Kambing di Nganjuk Tewas Dikeroyok Warga, 6 Pelaku Diamankan Polisi

Pembobolan kotak amal ini diketahui warga saat akan melaksanakan salat magrib.

Salah seorang jemaah melihat engsel bagian atas kotak amal rusak namun gemboknya masih utuh.

Ketika dicek, ternyata seluruh uang yang ada di dalam kotak amal sudah hilang," ujarnya dikutip dari TribunJatim.com, Minggu (19/3/2023) siang.

Dirinya menjelaskan, bahwa posisi kotak amal yang dibobol itu berada di dekat pintu masuk musala. Dan selama tiga bulan ini, kotak amal belum sama sekali dibuka.

"Kotak amal belum dibuka oleh pihak pengurus musala selama tiga bulan ini. Untuk jumlah pasti uangnya, saya kurang tahu. Tapi diperkirakan, uang di dalam kotak amal itu sekitar Rp 2 juta lebih," jelasnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun, Aiptu Abdillah mengungkapkan, bahwa pihaknya telah mengetahui adanya kejadian tersebut dan telah mengecek lokasi kejadian.

Baca juga: Geram Penutup Saluran Air Dicuri Warga, Wali Kota Surabaya: Kalau Ada Lagi, Ayo Ditangkap Bersama

"Kami pun sudah berkoordinasi dan meminta keterangan dari pihak Ketua RT. Dan kejadian ini juga sudah saya laporkan ke pimpinan, dalam hal ini ke Kapolsek Sukun untuk segera dilakukan penyelidikan," tandasnya

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Maling di Kota Malang Ambil Wudhu Sebelum Kuras Isi Kotak Amal Musala

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com