Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Jokowi "Ngunduh Mantu" di Loji Gandrung, Kapolda Cek Pengamanan

Kompas.com - 10/12/2022, 11:41 WIB
Fristin Intan Sulistyowati,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pengecekan pengamanan menjelang ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono kembali dilakukan.

Kegiatan pengecekan mulai kembali dicek Loji Gandrung, prosesi kirab, dan di Puro Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/12/2022).

Baca juga: Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina di Solo, SBY Dapat Sesi Malam Hari

"Pengecekan terkait dengan proses pengamanan dari Polda Jawa Tengah dan BKO Polresta Solo dan Polres se-Soloraya. Sudah kita lalui kegiatan siraman yang kemarin. Besok akan kami laksanakan kegiatan proses puncak, yaitu ngunduh mantu yang didahului dengan kirab," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi di Mapolresta Solo, Sabtu (10/12/2022).

Selama pengaman kirab, Lutfi mengatakan, kepolisian berada di Ring 3, yakni mem-backup pengamanan dari Paspampres dan TNI yang berada di Ring 1 dan 2.

"Kami mengimbau masyarakat untuk ikut serta dalam rangka menjaga situasi wilayah. Kita prinsip bahwa kita menjadi tuan rumah yang baik secara umum tidak ada kejadian yang menonjol di wilayah kita," imbuh dia.

Selain itu, prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung bakal berbarengan dengan CFD dan ibadah gereja hari Minggu (11/12/2022).

Baca juga: 13.427 Relawan Jokowi Berdatangan ke Solo untuk Doakan Pernikahan Kaesang-Erina

"Akan kami pertebal anggota kami Shabara maupun Brimob. Kita termasuk memberikan pelayanan pada masyarakat yang tidak hanya karena Ring 3 saja. Ada di gereja yang perlu harus kita layani sehingga ibadah gereja dan selama car free day juga tetap berjalan. Sudah kami lakukan floating, kami lakukan sterilisasi, dan lain sebagainya," papar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com