Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kang Emil Imbau BPBD Jabar Siaga Satu Antisipasi Cuaca Ekstrem

Kompas.com - 11/10/2022, 20:01 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengimbau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar untuk siaga satu menanggulangi potensi bencana akibat cuaca ekstrem menjelang akhir tahun.

Menurutnya cuaca ekstrem tidak hanya melanda wilayah Jabar saja, tetapi juga di Pulau Sumatera, Sulawesi dan Jawa pada umumnya.

"Oleh karena itu BPBD dan perangkat-perangkat yang terkait penanggulangan kebencanaan sudah diinstruksikan untuk siaga satu setiap hari," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Selain BPBD Jabar, ia juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem menjelang akhir tahun.

Baca juga: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Surabaya, Ini Langkah BPBD

"Kami berharap tidak banyak kondisi kebencanaan dan korban. Pihak terkait kebencanaan saya minta tolong untuk waspada," imbuh Kang Emil di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jabar, Senin (10/10/2022).

Orang nomor satu di Jabar itu telah memperkirakan bahwa potensi bencana yang akan menerjang wilayah Jabar tengah ke utara adalah banjir tinggi.

Sementara itu, kata Kang Emil, wilayah Jabar tengah ke selatan berpotensi adanya longsor.

"Kalau daerah Jabar tengah ke utara potensi banjir tinggi. Kalau dari daerah Jabar ke selatan potensi longsor yang tinggi. Kita pernah kejadian kan, desa-desa di Jabar tengah ke selatan mengalami longsor dan menimbulkan korban jiwa," jelasnya.

Baca juga: Halaman SDN Pamucatan Kabupaten Bandung Longsor, Jalan di Bawah Sekolah Terputus

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com