Harga BBM Naik, Jual-Beli Mobil Bekas di Bengkulu Anjlok 50 Persen

Kompas.com - 08/09/2022, 18:23 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Kenaikan harga BBM berimbas pada anjloknya bisnis jual-beli mobil bekas di Kota Bengkulu yang menurun hingga 50 persen.

Pemilik showroom Tasya Mobil jual beli mobil bekas terbesar di Kota Bengkulu, Syahril, mengakui saat ini terjadi penurunan daya beli masyarakat untuk mobil bekas hingga 50 persen.

"Anjlok penjualan hingga 50 persen. Karena masyarakat sepertinya masih menunggu bagaimana kebijakan mobil-mobil di bawah 1.500 cc apakah tetap diperbolehkan menggunakan pertalite," ujar Syahril, Kamis (8/9/2022).

Baca juga: Mobil Bekas Km Rendah Punya Nilai Tawar Tinggi

Padahal menurut Syahril saat ini pemilik mobil 1.500 cc tidak bisa dikatakan sebagai masyarakat kaya.

Menurut Syahril, jika pengguna mobil 1.500 cc diwajibkan menggunakan Pertamax, hal ini akan sangat memberatkan masyarakat.

"Oleh karena itu ada yang mau beli mobil jadi terpaksa menunda membeli mobil hingga ada kejelasan mengenai penggunaan BBM bersubsidi pada mobil-mobil tertentu," ujarnya.

Keluhan ini, kata dia, dialami oleh semua pelaku bisnis jual beli mobil bekas. Pengusaha jual beli mobil bekas saat ini dalam situasi menunggu perkembangan ekonomi.

"Kami pasrah saja menunggu. Jadi sekarang ini kita bawa tersenyum saja," demikian Syahril.

Baca juga: Poster DPR Medot Janji Koyo Mantanku Warnai Aksi Demo Kenaikan BBM di DPRD Solo

Fajar salah seorang warga yang mencari mobil bekas mengakui menunda membeli mobil bekas meski kapasitas CC mobil di bawah 1.500 cc.

"Saya ada rencana beli mobil cc kecil namun naiknya pertalite ke harga Rp 10 ribu saya jadi berpikir ulang," demikian Fajar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.