"Kami Tidak Sengaja Mencari-cari, Bukan Semua Di-Covid-kan"

Kompas.com - 30/06/2021, 18:18 WIB
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Banjarnegara, Agus Ujianto. KOMPAS.COM/instagram @dr.agusujiantoKetua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Banjarnegara, Agus Ujianto.

KOMPAS.com - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupetan Banjarnegara, Jawa Tengah, Agus Ujianto, dengan tegas membantah tudingan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang menyebut adanya permainan klaim rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19.

Kata Agus, semua mekanisme klaim pasien Covid-19 merupakan kebijakan pemerintah pusat.

Lanjutnya, klaim yang membuat penanganan Covid-19 ini tinggi karena banyaknya tabung yang digunakan untuk satu pasien yang terkonfimasi virus corona.

“Semua rumah sakit itu pasti membiayai dulu baru mengajukan klaim. Kenapa klaim Covid menjadi tinggi, satu pasien satu hari saja butuh enam tabung, satu tabung biayanya Rp 1 juta,” kata Agus saat dihubungi, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Pelaku yang Videonya Viral Rampok Seorang Wanita di Bilik ATM Ternyata Sudah 2 Kali Beraksi

Dijelaskan Agus, untuk menentukan seorang pasien dirawat atau tidak harus dilakukan pemeriksaan dengan rapid test antigen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu, lanjutnya, dilakukan untuk melindungi tenaga kesehatan dan pasien lain di rumah sakit.

“Itu memang protokol, bukan semua di-Covid-kan. Kami tidak sengaja mencari-cari, itu bentuk perlindungan terhadap tenaga medis dan pasien lain di rumah sakit. Kalau ternyata positif, apa pun penyakit bawaannya, akan dilayani dengan protokol Covid-19,” jelasnya.

 Baca juga: IDI Jawab Tudingan Bupati Banjarnegara: Tak Perlu Dicari, Pasien Antre sampai Tenda Darurat

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.