Penjelasan Lengkap Duta Besar Timor Leste soal 20 ABK WNI Telantar di Kapal Tanker MT Ocean Star

Kompas.com - 22/06/2021, 07:49 WIB
Para ABK Tanker MT Ocean Star asal Indonesia, saat mendapat bantuan makanan dari KBRI Timor Leste Dokumen KBRI DiliPara ABK Tanker MT Ocean Star asal Indonesia, saat mendapat bantuan makanan dari KBRI Timor Leste

KUPANG, KOMPAS.com - Video 20 Anak Buah Kapal (ABK) telantar dan hanya makan mi instan kering, beredar di media sosial.

Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Sahat Sitorus, mengaku, telah berkomunikasi dengan sejumlah pihak, terkait nasib 20 anak buah kapal (ABK) Tangker MT Ocean Star asal Indonesia itu.

Sitorus menyebut, pada Minggu 20 Juni 2021, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili telah melakukan komunikasi dengan kapten kapal.

"Diperoleh informasi dari kapten kapal, seluruh kru kapal dalam keadaan sehat," ungkap Sitorus, saat dihubungi Kompas.com dari Kupang, Senin (21/6/2021) petang.

Baca juga: Video Viral 20 ABK Asal Indonesia Ditelantarkan dan Hanya Makan Mi Instan Kering

Kirimkan bahan makanan 

Sitorus menjelaskan, kru kapal telah mendapat kiriman cadangan bahan makanan, air minum, air tawar dan bahan bakar dari agen kapal di Timor-Leste pada 17 Juni 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, lanjut dia, kru kapal sudah mulai dapat bekerja kembali.

Menurut Sitorus, persediaan logistik yang dikirimkan oleh agen kapal tersebut diperkirakan masih cukup untuk beberapa hari ke depan.

"Berkaitan dengan kondisi kapal, kapten kapal menyampaikan, dengan diterimanya pasokan bahan bakar, listrik kembali menyala normal sehingga dapat mengaktifkan mesin untuk memompa air keluar dari kapal," jelas Sitorus.

Baca juga: Viral, Video Warga Karantina BPWS Bangkalan Berorasi, Desak Petugas Tanda Tangan dan Mengancam Pulang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X