Edy Rahmayadi Berencana Lelang Jabatan Kepala Sekolah SMA dan SMK

Kompas.com - 16/06/2021, 18:36 WIB
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. KOMPAS.com/DANIEL PEKUWALIGubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.


MEDAN, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berencana melakukan lelang jabatan untuk kepala sekolah di tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Sumut.

Melalui keterangan tertulis yang diterima, Rabu (16/6/2021), Edy menyebut, langkah tersebut bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sumut.

"Begitu harapan saya, kepala sekolah diseleksi, setelah lulus dan cocok menjadi kepala sekolah, baru disekolahkan untuk dia mengisi ilmunya sebagai kepala sekolah," kata Edy.

Baca juga: Soal Rencana Sekolah Tatap Muka di Sumut, Ini Penjelasan Edy Rahmayadi

Hal itu disampaikan Edy Rahmayadi usai memberi arahan kepada seluruh kepala sekolah di Kabupaten Padanglawas (Palas) dan Padanglawas Utara (Paluta) di Aula Kantor Bupati Paluta di Jalan Lintas Gunungtua-Padangsidimpuan.

Masa depan Sumut, menurut Edy, sangat bergantung pada kualitas kepala sekolah.

Untuk itu, kepala sekolah harus mampu memimpin para pendidik dan jajaran sekolah, guna tercapainya tujuan program pendidikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi kita butuh yang berkualitas. Masa depan Sumut ini berada pada tangan bapak atau ibu sekalian. Kualitas SDM akan memengaruhi kemajuan bangsa," kata dia.

Baca juga: Jadwal Penghentian Siaran TV Analog di Wilayah Sumut, Sumbar, dan Sumsel

Namun, Edy tak menjelaskan lebih rinci mekanisme atau teknis proses lelang jabatan kepala sekolah tingkat SMA dan SMK itu.

Menurut dia, ada beberapa hal yang harus dimiliki seorang kepala sekolah, antara lain kekuatan, kemampuan akademis, hingga mampu berkomunikasi.

Ketiga hal tersebut sangat dibutuhkan kepala sekolah guna meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di Sumut.

"Kepsek itu tak boleh merajuk, tak boleh bermain-main dengan dana BOS, dan untuk itu nanti saya harus benar-benar selektif," kata Edy.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X