Begini Desain Masjid di Gaza Palestina Karya Ridwan Kamil

Kompas.com - 07/04/2021, 20:37 WIB
Desain Masjid Syeikh 'Ajlin Gaza, Palestina yang dibuat Ridwan Kamil. Dokumentasi Ridwan KamilDesain Masjid Syeikh 'Ajlin Gaza, Palestina yang dibuat Ridwan Kamil.

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendesain ulang sebuah masjid di Gaza, Palestina. Masjid yang sempat hancur pada tahun 2014 itu bernama Syaikh 'Ajlin.

Peresmian masjid itu dilakukan secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung dan di Gaza, Palestina, Rabu (7/3/2021).

Pembangunan masjid itu hasil kerja sama dengan lembaga Aman Palestina.

Desain masjid karya Ridwan Kamil cenderung futuristik dengan dominasi warna putih. Posisi masjid berdiri megah menghadap pantai.

Baca juga: Resmikan Masjid di Gaza Palestina, Mata Ridwan Kamil Berkaca-kaca

 

Masjid itu terbagi pada dua bangunan dengan satu menara. Secara filosofis, menara menunjukkan hubungan dengan Allah dan kedua bangunan mencirikan hubungan dengan manusia dan alam.

Selain tempat beribadah, masjid tersebut juga berfungsi sebagai pusat pendidikan bagi para penghafal Quran.

"Jadi masjid ini kurang lebih sekitar tiga lantai karena masjid ini bukan hanya tempat shalat, tetapi juga menjadi tempat belajar atau madrasah. Itulah kenapa sebelum dihancurkan pada 2014 sudah ribuan penghafal Quran lulus dari masjid Syeikh 'Ajlin yang lama," ucap Emil, sapaan akrabnya.

"Sehingga dalam program apa yang perlu dibangun mereka berharap agar dihadirkan tempat bersekolah. Kemudian karena diminta oleh Aman Palestina dan masyarakat di Gaza untuk mendesain tentulah itu sebuah kehormatan," tambahnya.

Emil itu menceritakan, sebelumnya ada empat desain masjid yang ditawarkan kepada masyarakat di sana.

Desain futuristik

Desain Masjid Syeikh 'Ajlin Gaza, Palestina yang dibuat Ridwan Kamil.Dikumentasi Ridwan Kamil Desain Masjid Syeikh 'Ajlin Gaza, Palestina yang dibuat Ridwan Kamil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X