Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

450 Kilogram Ganja Dibungkus Mirip Lemang Ditemukan di Parung Bogor

Kompas.com - 09/02/2021, 18:20 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan peredaran ganja yang disembunyikan di dalam sebuah drum berisi paralon yang mirip dengan bungkus makanan lemang.

Paket 450 kilogram atau hampir setengah ton ganja ini dibongkar dari sebuah gudang di kawasan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa (9/2/2021) dini hari.

"Hari ini kita melakukan penyitaan terhadap barang bukti narkotika golongan 1 jenis ganja yang datang dari Aceh mengunakan jasa kiriman kargo," kata Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari kepada wartawan, Selasa.

Baca juga: PTPN VIII Minta Pemkab Bogor Tertibkan Bangunan Tak Berizin di Kawasan Gunung Mas

Paket ganja asal Aceh ini dikirim lewat jasa pengiriman kargo melalui jalur darat menggunakan truk dengan tujuan akhir Sentul, Bogor.

Namun, saat itu truk yang mengangkut ganja dari Aceh ini kembali bergeser ke arah Parung, sehingga menimbulkan kecurigaan BNN.

Arman menyebut bahwa terbongkarnya pengiriman ganja yang dibungkus mirip lemang ini berawal dari ditangkapnya seorang pelaku pengedar ganja.

"Tadi barang ini bersama dengan truknya sempat berhenti di Sentul Selatan. Malam tadi diambil kembali untuk dipindahkan ke daerah yang sekarang (Parung). Menurut rencananya di daerah ini akan dijadikan gudang penyimpanan untuk sementara sebelum didistribusikan kepada para pemesan," ujar Arman.

Baca juga: Modus Baru, Sambal Ikan Isi Narkoba

Dari penangkapan itu, tim kemudian menggeledah gudang penyimpanan tersebut dan akhirnya ditemukan 6 drum berisi lebih kurang 63 paralon panjang yang diisi ganja kering.

Arman mengakui bahwa petugas sempat kesulitan membuka paket ganja tersebut, karena dilapisi dengan bermacam-macam bahan.

Tujuan para pelaku untuk mengelabui petugas apabila ada pemeriksaan.

"Ganja ini dimasukan ke dalam tabung paralon kemudian dilem dan diisi dengan air di wadah dengan semacam drum atau gentong bertuliskan minyak nilam. Kalau kita lihat tadi bentuknya seperti lemang, nah ini mungkin karena pertama sekali ya, jadi bisa kita sebut lemang ganja ini," kata dia.

Petugas BNN masih melakukan pengembangan kasus ganja yang dibungkus ala makanan lemang tersebut.

"Kalau kita kalkulasikan, maka lebih kurang beratnya 450 kilo dan mungkin kalau kita totalkan bisa sampai setengah ton," kata Arman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com