Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Mataraman Sudah Kembali Tersambung, Bisa Dilalui Kendaraan

Kompas.com - 21/01/2021, 15:21 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MARTAPURA, KOMPAS.com - Jembatan Mataraman di Desa Banua Anyar, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah tersambung.

Kapolsek Matraman Iptu Widodo Saputra mengatakan, saat ini tengah berlangsung pembersihan sisa material sebelum nantinya kendaraan bisa kembali melalui jembatan tersebut.

Widodo kembali menegaskan jika kendaraan yang diperbolehkan hanya kendaraan roda dua dan roda empat dengan maksimal 5 ton.

Baca juga: Perbaikan Jembatan Mataraman Kalsel Rampung Besok, Kendaraan Berat Dilarang Melintas

Kendaraan yang di atas berat tersebut tidak diperbolehkan melintas karena Jembatan Mataraman setelah perbaikan masih bersifat darurat.

"Jembatan tidak bisa dilewati oleh roda enam dan alat berat. Berat maksimal yang bisa lewat adalah 5 ton," ujar Iptu Widodo Saputra dalam keterangan yang diterima, Kamis (21/1/2021).

Untuk mengantisipasi kendaraan berat yang kemungkinan melintas, Polres Banjar akan menempatkan beberapa personel di Jembatan Mataraman secara bergantian.

Presiden Joko Widodo (kanan) meninjau langsung lokasi banjir dari atas jembatan Pekauman didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka melihat langsung dampak banjir dan meninjau posko pengungsian korban banjir di Provinsi Kalimantan Selatan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww. BAYU PRATAMA S Presiden Joko Widodo (kanan) meninjau langsung lokasi banjir dari atas jembatan Pekauman didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka melihat langsung dampak banjir dan meninjau posko pengungsian korban banjir di Provinsi Kalimantan Selatan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww.

Diberitakan sebelumnya, Jembatan Mataraman di Kabupaten Banjar mengalami longsor pada kedua sisinya setelah diterjang banjir pada pekan lalu.

Akibatnya, akses Jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan Kabupaten Banjar dan lima Kabupaten lain terputus.

Baca juga: Jembatan di Trans-Kalimantan Runtuh, Jokowi ke Menteri PUPR: Dalam 3-4 Hari Selesaikan

Akses jalan ini juga sebagai jalur menuju provinsi tetangga, Kalimantan Timur.

Lumpuhnya akses Jembatan Mataraman juga menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo saat meninjau kondisi Banjir di Kabupaten Banjar beberapa waktu lalu.

Dia memberi tenggat waktu tiga hari kepada Balai Pelaksana Jalan Nasional untuk segera memperbaiki jembatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com