Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

23 Desember Puncak Arus Mudik di Tol Tangerang Merak, Puncak Arus Balik Diprediksi 3 Januari

Kompas.com - 24/12/2020, 07:02 WIB
Rasyid Ridho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - PT Astra Tol Tangerang Merak memprediksi puncak arus mudik pada libur Natal tahun 2020 akan terjadi Rabu (23/12/2020) malam.

Peningkatan volume kendaraan yang melintas di ruas tol Tangerang-Merak sudah terjadi sejak Selasa (22/12/2020) kemarin.

"Puncak arus mudik di Tol Tangerang Merak itu diprediksi akan terjadi pada tanggal 23 Desember 2020 atau H-3," kata Kepala Departemen Humas Astra Tol Tangerang-Merak Rawiah Hijjah kepada wartawan, Rabu. 

Baca juga: Kaleidoskop 2020 Banten, dari Kasus Madu Palsu, Banjir Bandang, hingga Pria Ditangkap karena Kritik Jalan Rusak

Rawiah menyebutkan, pada puncaknya volume kendaraan akan meningkat sebesar 9 persen hingga 10 persen dibandingkan volume lalulintas kendaraan harian selama pandemi yakni 160.000 kendaraan.

"Bisa saja volume kendaraan yang melintas akan lebih dari prediksi kami. Karena yang kemarin juga lebih naik dari yang diprediksikan," ujar Rawiah.

Baca juga: Ini Sanksi yang Diberikan Gubernur Banten jika Ada ASN Kedapatan Pergi ke Luar Kota Saat Natal dan Tahun Baru

Puncak arus balik 3 Januari

Sedangkan untuk puncak arus balik libur Natal dan tahun baru akan terjadi pada 3 Januari 2021.

Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di gerbang tol, rekayasa lalulintas akan diberlakukan dengan mengalihkan kendaraan ke gerbang terdekat.

Beberapa gerbang tol yang rawan akan terjadinya penumpukan yakni di Gerbang Tol Merak, Serang Timur, Cilegon Timur dan Cilegon Barat.

"Misal kalau terjadi penumpukan di Serang timur akan di alihkan ke Serang Barat, Ciegon timur ada penumpukan dialihkan keluar di Cilegon Barat. Tapi itu situasional," tandasnya.

Baca juga: Kaleidoskop 2020, Daftar 15 Kecelakaan Maut di Sumatera dan Jabar yang Libatkan Truk dan Bus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com