Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Panjang, Sebaran Zona Merah Meluas di Kabupaten Bogor

Kompas.com - 23/12/2020, 16:54 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Peta sebaran zona merah atau zona risiko tinggi kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, semakin meluas menjelang libur panjang natal dan tahun baru.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor mencatat bahwa kini zona penularan Covid-19 sudah merata di 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin menyampaikan bahwa saat ini tak ada satu pun kecamatan yang menyandang status zona hijau atau zona aman.

Baca juga: Malam Pergantian Tahun, Jalur Puncak Ditutup dari Arah Cianjur dan Bogor Mulai Pukul 18.00 WIB

Dia menyebut, karena zona merah telah menyebar ke 39 kecamatan dan hanya tersisa satu zona oranye atau zona risiko sedang, maka semua kecamatan rata-rata didominasi zona merah.

"Sampai saat ini tak ada lagi zona hijau. (Sebanyak) 39 kecamatan itu sudah zona merah dan hanya tersisa satu zona oranye," kata Ade dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/12/2020).

Ade yang juga sebagai ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor menyebut bahwa satu kecamatan yang masih berstatus zona oranye itu berada di ujung utara Kabupaten Bogor, yaitu Kecamatan Tenjo.

Di sana, lanjut Ade, tidak ditemukan kasus positif Covid-19, namun hanya tercatat ada dua pasien suspek atau orang yang memiliki gejala Covid-19.

Meluasnya zona merah kecamatan tersebut karena adanya beberapa kecamatan yang berpindah level status dari zona oranye ke zona merah.

Perpindahan level status ini menguatkan bahwa di setiap kecamatan selalu ditemukan kasus positif harian yang mencapai belasan kasus Covid-19 setiap harinya.

"Sejak 17 Desember lima kecamatan yang berstatus zona oranye satu per satu berubah menjadi zona merah, seperti Pamijahan pada tanggal 18 Desember, Tenjolaya pada 19 Desember, Cigudeg pada 20 Desember, dan Nanggung pada 21 Desember," beber Ade.

Hingga data diperbarui pada Rabu (23/12/2020), jumlah pasien atau kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor kini mencapai 4.786 orang dengan rincian kasus Covid-19 aktif sebanyak 674 orang terinfeksi.

Baca juga: Syarat Berkunjung ke Puncak Bogor, Tunjukkan Hasil Rapid Test Antigen

Sedangkan angka kasus sembuh sebanyak 4.033 orang, kemudian ada 73 kasus yang dilaporkan meninggal dunia.

"Tambahan kasus harian Covid-19 yang dilaporkan selama sepekan terakhir meningkat. Rata-rata per hari ada sampai puluhan orang yang dilaporkan positif, begitu juga angka kasus sembuh juga meningkat. Jadi sampai saat ini kasus Covid-19 fluktuatif," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com