Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Rekomendasi 9 Distrik di Papua Lakukan Pilkada Susulan, Ini Penyebabnya...

Kompas.com - 09/12/2020, 19:54 WIB
Dhias Suwandi,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Bawaslu Provinsi Papua merekomendasikan pelaksanaan pilkada susulan di sembilan distrik di Kabupaten Yahukimo dan Yalimo.

Terdapat delapan distrik di Kabupaten Yahukimo yang diusulkan menggelar pilkada susulan. Sementara satu distrik terdapat di Yalimo.

Baca juga: Unggul Berdasarkan Hasil Quick Count, Eri Cahyadi: Kami Diberi Amanah Memimpin Surabaya...

Anggota Bawaslu Papua, Ronald Manoach mengatakan, penyaluran logistik pilkada di 50 distrik di Kabupaten Yahukimo dilakukan melalui jalur udara.

Awalnya, tersisa 33 distrik yang mengalami keterlambatan pengiriman. Namun, hingga Rabu (9/12/2020) sore, pengiriman ke 25 distrik yang terlambat itu selesai dilakukan.

Sehingga, tersisa delapan distrik yang belum mendapatkan logistik. 

"Ada kendala cuaca sehingga pendistribusian ke delapan distrik tidak bisa dilakukan pagi ini sehingga kami rekomendasikan untuk susulan," ujar Ronald saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu.

Distribusi logistik ke delapan distrik itu akan dilakukan pada Kamis (10/12/2020) pagi.

Sementara itu, rekomendasi pilkada susulan di Distrik Apalapsili, Kabupaten Yalimo, dikeluarkan karena logistik masih ditahan massa dari salah satu pasangan calon hingga Rabu sore.

"Ya diusulkan susulan besok (10/12/2020) dengan sistem nasional," kata Ronald.

Baca juga: Dipengaruhi Minuman Beralkohol, Massa Panah Anggota Brimob dan Bawa Kabur Kotak Suara

Sementara itu, Wakapolda Papua Brigjen Matius D Fakhiri mengatakan, Polri menurunkan dua helikopter untuk membantu distribusi logistik pilkada.

"Untuk memperlancar pilkada, kami berkordinasi ke Mabes Polri agar dua helikopter yang ada di Mimika bisa membantu pendistribusian logistik di Yahukimo, akhirnya total ada 6 pesawat yang digunakan," kata Matius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com