Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 WN Amerika Tenggelam, 20 Penyelam Profesional Dikerahkan dan 2 Perwira TNI Ikut Pantau

Kompas.com - 08/08/2020, 13:16 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Farid Assifa

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan bersama warga kembali melanjutkan operasi pencarian terhadap Carol Marie alias Laila (56) yang hilang di Teluk Ambon tepatnya di perairan Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Sabtu (8/8/2020).

Dalam operasi pencarian di hari kedua ini, tim SAR gabungan ikut mengerahkan sebanyak 20 penyelam profesional untuk mencari korban hilang.

Kepala Kantoir Basarnas Ambon, Djunaidi mengatakan, 20 penyelam profesional yang dikerahkan itu terdiri dari enam penyelam Marinir TNI AL, empat penyelam dari Basarnas Ambon, sembilan penyelam dari persatuan pemandu wisata selam dan satu penyelam dari Polairud Polda Maluku.

“Ada 20 penyelam yang dikerahkan hari ini untuk mencari korban,” kata Djunaidi kepada Kompas.com via telepon seluler, Sabtu.

Baca juga: Kronologi WNA Amerika Hilang Saat Menyelam Bersama Suami di Teluk Ambon


Ia menjelaskan para penyelam yang dikerahkan itu terbagi dalam tiga tim, mereka fokus mencari korban di lokasi penyelaman tempat korban dinyatakan hilang.

Menurut Djunaidi, operasi pencarian korban hari ini ikut dipantau langsung Komandan Kodim 1504 Pulau Ambon dan Komandan Marinir Lantamal Ambon.

“Pak Dandim dan komandan Marinir juga terlibat langsung dalam operasi pencarian,” katanya.

Selain tim SAR gabungan, pencarian korban juga ikut dibantu oleh masyarakat setempat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, korban dinyatakan hilang setelah menyelam di perairan tersebut bersama suaminya pada Jumat (7/8/2020) kemarin.

Awalnya sang suami Kevin Scott Pool (57) yang menceburkan diri ke laut terlebih dahulu kemudian disusul istrinya sejam kemudian.

Baca juga: Hilang di Teluk Ambon, WNA Amerika Sempat Direkam Suami Saat Menyelam Bersama

 

Namun setelah sang suami naik ke permukaan laut, istrinya itu tidak juga naik ke permukaan laut.

Basarnas Ambon yang mendapatkan laporan kejadian itu langsung mengerahkan tim ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian, namun korban tidak ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com