Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Roro yang Terbakar di Laut Jawa Hanyut ke Arah Lampung

Kompas.com - 23/07/2020, 13:29 WIB
Heru Dahnur ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Kapal roro atau kapal penyeberangan KM Bahari Indonesia yang terbakar pada Selasa (21/7/2020) malam kini masih terkatung-katung di Laut Jawa yang berbatasan dengan Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Kapal yang berisi 26 awak dan mengangkut 18 truk besar serta kendaraan lainnya itu mulai terbawa arus ke perairan Lampung.

"Dari koordinasi yang kami terima, KM Bahari Indonesia sedang menunggu tugboat yang dikirim perusahaan bersangkutan. Karena faktor angin dan arus, kapal hanyut ke arah barat, Lampung," kata Petugas Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Pangkalpinang, Harlansyah dalam keterangan tertulis, Kamis (23/7/2020).

Baca juga: Kapal Roro Berisi 26 Awak dan 18 Truk Terbakar di Laut Jawa

Harlansyah menuturkan, saat didatangi tim SAR, kapal dalam keadaan tanpa awak karena telah dievakuasi KM Samudera Jaya yang kebetulan melintas di lokasi kejadian pada Rabu (22/7/2020) pagi.

Para awak kapal tersebut dilaporkan selamat dan berada dalam perjalanan menuju pelabuhan Sukabangun Ketapang, Kalimantan Barat.

"Saat ini kapal diawasi KN Alugara yang bertolak dari pangkalan penjagaan laut dan pantai Kemenhub di Tanjung Priok," ujar Harlansyah.

Kepala Kantor SAR Pangkalpinang, Fazzli mengatakan, penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan.

Dugaan sementara, api berasal dari main deck atau tempat angkutan kendaraan.

"Kami siagakan KN SAR Karna sebagai backup karena dari Jakarta telah dikerahkan KN SAR Wisnu yang tiba pada 22 Juli sekitar pukul 09.00 WIB," ujar Fazzli.

KN SAR Wisnu yang hanya menemukan bangkai kapal kemudian mengambil dokumentasi dan kembali ke pangkalan di Jakarta.

Petugas menggunakan sekoci sempat berusaha mendekati kapal, namun ketika itu api masih menyala dengan asap yang membubung hingga ke udara.

Baca juga: Kapal Roro Meledak, Polisi Periksa 11 Saksi

Diberitakan sebelumnya, KM Bahari Indonesia melepaskan sinyal tanda bahaya saat melintas di Laut Jawa dalam pelayaran Tanjung Priok - Pontianak.

Seluruh bagian kapal tampak diselimuti asap hitam. Beruntung insiden itu tidak menyebabkan korban jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com