Kebun Raya Cibodas Dikunjungi 5.000 Orang, Gugus Tugas Khawatir Jadi Klaster Baru

Kompas.com - 13/07/2020, 08:58 WIB
Sejumlah pengunjung menjalani pemeriksaan cek suhu tubuh saat hendak masuk ke area Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/7/2020). Di hari pertama dibuka setelah 4 bulan tak beroperasi akibat pandemi Covid-19, ribuan pengunjung langsung menyerbu objek wisata alam tersebut. KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANSejumlah pengunjung menjalani pemeriksaan cek suhu tubuh saat hendak masuk ke area Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/7/2020). Di hari pertama dibuka setelah 4 bulan tak beroperasi akibat pandemi Covid-19, ribuan pengunjung langsung menyerbu objek wisata alam tersebut.

CIANJUR, KOMPAS.com – Sektor pariwisata di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kembali menggeliat seiring kembali dibukanya sejumlah objek wisata.

Tren pengunjung pun meningkat drastis dalam sebulan terakhir setelah sempat lesu selama hampir 4 bulan lebih akibat pandemi Covid-19.

Seiring hal itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur mewanti-wanti soal protokol kesehatan di kawasan objek wisata.

“Protokol kesehatan harus lebih digebyarkan terutama pihak pengelola objek wisata. Jangan hanya ketika ada sidak oleh tim gugus. Namun, dalam pelaksanaannya harus konsisten,” tutur Juru Bicara Pusat informasi dan Kordinasi Covid-19 Cianjur Yusman Faisal kepada Kompas.com, Senin (13/8/2020).

Baca juga: Buka Setelah 4 Bulan Tutup, Kebun Raya Cibodas Diserbu Ribuan Pengunjung

Disebutkan, pihak pengelola harus mengikuti semua aturan terkait regulasi protokol kesehatan di era new normal menuju adaptasi kebiasaan baru ini.

Ketersediaan fasilitas hand washer yang ditempatkan di sejumlah titik area, pemeriksaan kondisi kesehatan pengunjung dan kewajiban memakai masker harus menjadi aturan baru pihak pengelola objek wisata.

“Jangan sampai dengan kembali dibukanya objek wisata ini menjadi klaster baru (penyebaran virus corona),” ujar dia.

Oleh karena itu, penekanan soal protokol kesehatan ini, sebut Yusman, juga ditujukan untuk masyarakat atau pengunjung objek wisata.

"Bersama-sama untuk berkomitmen menjaga kesehatan untuk diri sendiri, orang lain dan lingkungan, dengan selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dan senantiasa menjaga jarak aman,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, tim gugus tugas juga akan kembali melakukan pemeriksaan secara berkala di wilayah perbatasan. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X