Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Setelah 4 Bulan Tutup, Kebun Raya Cibodas Diserbu Ribuan Pengunjung

Kompas.com - 12/07/2020, 18:58 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com –Tingkat kunjungan wisatawan ke Kebun Raya Cibodas (KRC), Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melonjak drastis di akhir pekan ini.

Pihak pengelola Kebun Raya Cibodas mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 5.000 orang.

“Lonjakan pengunjung ini sudah kita prediksi sejak dibukanya kembali Kebun Raya Cibodas, Selasa (7/7/2020),” kata Plt General Manager Mitra Natura Raya untuk Kebun Raya Cibodas Zaenal Arifin kepada Kompas.com via telepon seluler, Minggu (12/7/2020).

Baca juga: Kebun Raya Cibodas Kembali Dibuka, Ini Catatan bagi Pengunjung

Disebutkan, sejak kembali dibuka setelah sempat tidak beroperasi hampir empat bulan akibat pandemi Covid-19, tren pengunjung meningkat drastis.

“Antusiasme masyarakat untuk berlibur memang sangat tinggi. Karena itu, saat re-opening kemarin, langsung diserbu pengunjung di hari pertama,” ucapnya.

Zaenal berujar, menghadapi lonjakan pengunjung di akhir pekan ini, pihaknya telah mengantisipasi dengan menambah fasilitas cuci tangan dengan touchless hand sanitizer.

“Selain itu, ada petugas yang melakukan patroli setiap satu jam. Kalau ada pengunjung yang tidak mengindahkan protokol kesehatan, oleh petugas kita diingatkan,” ujar dia.

Ditegaskannya, penerapan ketat protokol kesehatan menjadi prioritas pihak pengelola sebagai bentuk komitmen menjalankan bisnis pariwisata di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Cuaca Tak Menentu, Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas Sulit Mekar Sempurna

“Pengunjung wajib mengenakan masker. Di pintu masuk kita periksa satu persatu, termasuk pengecekan suhu tubuh dengan thermogun. Suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius tidak akan kita izinkan masuk,” tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com