Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kabupaten di Kalbar Nol Kasus Corona, 2 di Antaranya Zona Hijau

Kompas.com - 08/07/2020, 22:29 WIB
Hendra Cipta,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson menyebut, sebanyak 5 kabupaten telah nol kasus virus corona (Covid-19).

Kelima kabupaten itu yakni, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau, Kayong Utara dan Ketapang.

“Kelima kabupatan yang nol kasus virus corona tetap diminta tidak berpuas diri. Dinas Kesehatan setempat harus melakukan tracing dan rapid test secara massif,” kata Harisson kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

Menurut Harisson, daerah dengan nol kasus corona tak serta-merta ditetapkan sebagai zona hijau.

Pasalnya, harus selama tiga pekan tanpa ada kasus baru.

Baca juga: Warga Kalbar yang Tak Pakai Masker Langsung Swab di Lokasi

Kendati sudah 5 kabupaten nol kasus virus corona, kata dia, baru Kabupaten Kapuas Hulu dan Kayong Utara yang ditetapkan sebagai zona hijau.

“Saya harapkan, Kabupaten Kapuas Hulu dan Kayong Utara terus melakukan rapid test sebanyak-banyaknya. Supaya bisa mendeteksi, apakah masih ada kasus atau benar-benar nol kasus,” harap Harisson.

Sementara untuk Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sambas, dan Kabupaten Bengkayang, berada di zona risiko rendah. 

Kemudian Kabupaten Sanggau dan Landak masuk zona risiko sedang.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jatim, DIY, Bali, NTT, NTB, Kalbar dan Kalsel 8 Juli 2020

Diketahui, sejak virus corona mewabah dan menjadi pandemi hingga Rabu (8/7/2020) pukul 07.00 WIB, sebanyak 344 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Barat.

Sebanyak 305 orang di antaranya dinyatakan sembuh, empat lainnya meninggal dunia, serta 35 pasien masih menjalani isolasi di rumah sakit dan rumah pribadi.

Terdapat juga 30 pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang tengah dirawat di ruang isolasi sejumlah rumah sakit serta tempat isolasi lain sambil menunggu hasil uji laboratorium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com