Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Positif Covid-19 dari Klaster Baru Salatiga Bertambah 6

Kompas.com - 25/05/2020, 07:01 WIB
Dian Ade Permana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Klaster baru pasien positif Covid-19 di Kota Salatiga terus bertambah. Data Minggu (24/5/2020), ada penambahan enam pasien positif yang berasal dari Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

"Ini klaster baru yang ada di Sidorejo Lor, klaster Cempaka. Hari ini ada penambahan enam pasien positif, sebelumnya di klaster ini sudah ada tiga pasien," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraida dalam keterangannya, Minggu (24/5/2020).

Siti mengatakan, dari klaster Cempaka ini mulanya adalah Pasien 25, 26, dan 28.

Sementara penambahan pasien baru, Pasien 35 adalah perempuan berusia 76 tahun, Pasien 36 balita laki-laki berusia empat tahun, Pasien 37 perempuan berusia 52 tahun.

Selanjutnya Pasien 38 berjenis kelamin laki-laki berusia 31 tahun, Pasien 39 laki-laki berusia 62 tahun, dan Pasien 40, perempuan berusia 45 tahun.

Baca juga: Dehidrasi, Perawat di Salatiga Pingsan Usai Layani Warga Rapid Test Covid-19

 

Total ada 40 pasien positif di Salatiga

"Saat ini total kumulatif ada 40 pasien positif. Dengan rincian 26 pasien menjalani perawatan dan 14 pasien dinyatakan sembuh," kata Siti Zuraida.

Sementara Orang Tanpa Gejala (OTG) tercatat 299 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada lima orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada.

Siti menegaskan bawah OTG tidak perlu malu atau melakukan protes.

"Jangan malu atau protes karena masuk dalam OTG. OTG itu adalah orang yang melakukan kontak aktif dengan pasien positif. Saat ini konsentrasi penanganan ada di OTG, nanti menjalani rapid test, setelah hasilnya diketahui baru dilakukan penanganan," paparnya.

Dengan pola aktif, diharapkan dapat segera memutus persebaran Covid-19.

Baca juga: Pasien Covid-19 di Salatiga Bertambah 7 Orang, Salah Satunya Balita 2 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com