Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Bogor Serahkan Bantuan Berupa Beras ke Warga Miskin Dampak Covid-19

Kompas.com - 24/04/2020, 09:12 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mendistribusikan bantuan sosial (bansos) untuk warga yang terdampak wabah virus corona atau Covid-19 selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Jenis bantuan sosial itu akan diberikan dalam bentuk 30 kilogram beras untuk warga yang tercatat Rumah Tangga Miskin (RTM) agar bisa membantu pemenuhan kebutuhan hidup.

"Semua dalam bentuk 30 kilogram beras per RTM dikali 3 bulan (per-KK setiap bulan selama tiga bulan)," ucap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Syarifah lewat keterangan tertulisnya, Jumat (24/4/2020).

Baca juga: Tenaga Medis di Kabupaten Bogor Kewalahan Menangani Pasien Corona

Syarifah menjelaskan, total bansos beras yang akan didistribusikan sebanyak 6.000 ton. Untuk pola distribusinya melalui pembelian beras kualitas premium dari Bulog.

Sedangkan mekanisme pendistribusian beras tersebut akan didampingi oleh TNI-Polri ke rumah-rumah warga.

Dengan harapan, kata dia, bantuan sosial ini tidak akan tumpang tindih sehingga akan lebih tepat sasaran.

"Kalau bansos dari provinsi saat ini sedang berjalan dan untuk penyalurannya melalui Kantor Pos yang telah ditunjuk kemudian disalurkan langsung kepada warga sesuai alamat oleh ojek online," ujar dia

"Tapi kalau yang dari pusat nih yang kami belum tahu skemanya seperti apa. Kalau yang sudah masuk PKH (DTKS) sudah ada rekeningnya," imbuhnya.

Syarifah menyebutkan, untuk bantuan beras yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor ini dialokasikan sekitar Rp 188 miliar.

Namun, masih ada 262.322 KK yang belum terakomodir dari ketiga sumber bantuan yaitu APBD, Pemprov Jabar dan pemerintah pusat.

"Kita masih cari sumbernya. Kalau tidak ya harus melakukan pergesaran anggaran (parsial III), untuk memenuhi kekurangannya. Tapi, tahap awal kita pastikan dari APBD mengcover 200 ribu KK dulu," tuturnya.

Menurut dia, secara keseluruhan calon penerima bantuan di Kabupaten Bogor sebanyak 702.358 KK atau RTM.

Baca juga: 17 Kecamatan di Kabupaten Bogor Masuk Zona Merah Virus Corona

Dari jumlah tersebut, 117.531 RTM diusulkan untuk menerima bantuan dari Provinsi Jawa Barat, kemudian 122.544 RTM diusulkan ke Kementerian Sosial.

"Jadi semua yang sudah teralokasikan itu 240.075, di luar yang dari APBD kita. Kalau dari APBD kita kan untuk tahap awal bisa mengcover 200 ribu RTM, sisanya ini, apakah nanti lewat APBDesa atau dana lain. Belum final," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com