Penangguhan Umrah, 438 Jemaah Terlanjur Terbang dari Bandara Juanda

Kompas.com - 27/02/2020, 20:11 WIB
ILUSTRASI - Umrah di Medina ShutterstockILUSTRASI - Umrah di Medina

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I mencatat sebanyak dua penerbangan ibadah umrah dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Kamis (27/2/2020).

"Kedua penerbangan menggunakan maskapai Saudi Arabia Airline," kata Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro, ketika dikonfirmasi, Kamis sore.

Yuristo mengatakan, penerbangan pertama sudah terlanjur berangkat pada pukul 10.35 WIB.

Pesawat yang terlanjur berangkat itu menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV 359. Pesawat itu membawa 438 jemaah.

Baca juga: Pemerintah Berharap Arab Saudi Izinkan WNI yang Terlanjut Berangkat Umroh

Sementara penerbangan kedua dibatalkan karena kebijakan Arab Saudi menyetop sementara kedatangan umrah dari negara yang terdampak penyebaran virus corona.

"Jadwal penerbangan kedua statusnya dibatalkan, karena kebijakan penutupan sementara akses jemaah umrah dari Indonesia akibat virus corona," jelasnya.

Menurut Yuristo, ratusan jemaah yang berangkat pada penerbangan kedua telah berada di bandara sejak Kamis siang. 

"Pihak pengelola bandara sudah memberikan sosialisasi tentang kebijakan penutupan sementara akses umrah kepada jemaah dan sekarang jemaah sudah kembali pulang," terangnya.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi. Kebijakan ini berlaku mulai Kamis (27/2/2020).

Dikutip dari Arab News, Kamis (27/2/2020), Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Baca juga: Menhub: Dua Pesawat yang Terlanjur Terbang ke Arab Saudi Diupayakan Tetap Diterima

Otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah negara Teluk dalam beberapa hari terakhir.

Tindakan tersebut dilakukan untuk tindakan pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan umrah maupun wisata.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X