60.000 PJU Tenaga Surya Sasar Pedesaan di 24 Kabupaten/Kota di Jateng

Kompas.com - 21/01/2020, 20:36 WIB
Manager Operasi PT Imza Rizki Jaya, Deny Setiawan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (21/1/2020). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIManager Operasi PT Imza Rizki Jaya, Deny Setiawan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (21/1/2020).

SOLO, KOMPAS.com - Sebanyak 60.000 unit lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya akan dipasang di 24 kabupaten/kota atau sekitar 200 desa di Jawa Tengah (Jateng) selama jangka waktu lima tahun.

Pemasangan lampu PJU tenaga surya ini menyasar daerah pelosok pedesaan yang memang benar-benar sulit dijangkau oleh Perusahaan Listrik Negara ( PLN).

Manager Operasi PT Imza Rizki Jaya Deny Setiawan mengatakan, pemasangan lampu PJU tenaga surya di wilayah Jateng dimulai tahun ini.

Adapun jumlah lampu yang dipasang di masing-masing kabupaten/kota berbeda.

Baca juga: Polisi Tangkap 2 Anak yang Mainkan Lampu PJU di Flyover Palur

Dia menambahkan, pemasangan lampu PJU tenaga surya dilakukan kerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat.

Pada triwulan pertama tahun 2020, pihaknya menyelesaikan proses pengadaan.

"Di wilayah Solo Raya ada Sragen dengan jumlah permintaan lampu ada 5.000 unit, Solo ada 2.000 unit, Boyolali ada 2.500 unit, dan Klaten ada 1.000 unit," katanya di Solo, Jawa Tengah, Selasa (21/1/2020).

Menurut dia, lampu PJU tenaga surya memiliki tinggi sekitar enam meter. Sehingga lebih cocok untuk dipasang di daerah pedesaan, jalan pedesaan, perumahan dan daerah yang memang tidak dijangkau penerangan dari PLN.

Keunggulan dari lampu PJU Tenaga Suraya ini adalah tidak menggunakan pembangkit listrik. Cahaya lampu dihasilkan dari energi matahari. Meskipun demikian, bukan berarti tidak memiliki kelemahan.

"Memang kelemahannya mungkin tidak optimal kalau memakai kabel listrik. Tapi apa yang kita berikan ini lampunya berkualitas. Karena kita punya standarnya untuk itu. Pencahayaan lampunya itu 4.000 lux," tambah dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X