Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geger Temuan Kujang dan Panah di Pekarangan Warga Kebumen, Ini Penjelasan Polisi

Kompas.com - 18/01/2020, 14:56 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Polisi mengamankan seperangkat alat panah yang ditemukan terbungkus di dalam karung plastik di pekarangan warga Desa Waluyorejo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Karung tersebut juga berisi senjata tajam khas Jawa Barat jenis kujang, topeng dan sumpit atau tulup.

Warga yang mendengar temuan itu langsung berdatangan ke lokasi karena penasaran.

Baca juga: Perahu Terbalik, Penambang Pasir di Sungai Lukulo Kebumen Ditemukan Tewas

Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengatakan, benda-benda itu kali pertama ditemukan oleh Waliyah saat pulang berjualan sayur keliling, Jumat (17/1) pagi.

"Saat itu Waliyah yang curiga, segera membuka karung plastik dan mendapati busur panah lengkap dengan anak panahnya, senjata tajam jenis kujang, topeng dan tulup," kata Tugiman melalui pesan singkat, Sabtu (18/1/2020).

Tugiman mengatakan anggota Polsek Puring yang menerima laporan langsung mendatangi lokasi. Saat ini benda-benda tersebut telah diamankan di mapolsek.

"Berdasarkan hasil penyelidikan, benda-benda itu merupakan aksesoris pajangan yang mungkin oleh pemiliknya telah dibuang atau terjatuh. Benda itu tidak setajam senjata aslinya, jadi semacam hiasan dinding," jelas Tugiman.

Baca juga: 6 Catatan Karhutla Sumsel 2019: Kebun Raya dan Tanaman Langka Ikut Terbakar hingga Penemuan Harta Karun Sriwijaya

Tugiman mengatakan, berdasarkan pendataan yang dilakukan, di dalam karung itu berisi benda berbentuk kujang, busur panah yang terangkai dengan bambu, 20 anak panah, sebuah tulup dan topeng.

"Kami mengapresiasi laporan warga, apa pun kejadian yang dirasa meragukan segera laporkan ke polisi. Sekecil apapun laporan akan ditanggapi oleh polisi," kata Tugiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com