Bencana Banjir di Polewali Mandar, Warga Ikat Rumah ke Pohon hingga Imbauan BMKG

Kompas.com - 13/01/2020, 11:40 WIB
Warga di Desa Bondra, Polewali Mandar mengikat rumah di pohon agar tidak terseret banjir. Antaranews.comWarga di Desa Bondra, Polewali Mandar mengikat rumah di pohon agar tidak terseret banjir.

KOMPAS.com - Bencana banjir membuat warga di Desa Bondra, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpaksa mengikat rumah mereka ke pohon agar tidak teseret arus.

Dilansir dari Antara, hingga hari Minggu (12/1/2020), ketinggian banjir sudah selutut orang dewasa.

Seperti diketahui, hujan deras yang mengguyur Desa Bondra dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir telah membuat Sungai Mapilli meluap.

Sebelumnya, banjir akibat luapan tanggul Sekka-sekka dan Buttu di Polewali Mandar, meluap. AKibatnya, sejumlah warga pun dilaporkan tewas dan hilang terseret banjir.

Selain itu, banjir juga menghanyutkan puluhan rumah warga di Kecamatan Tinambung dan Wonomulyo.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), cuaca ekstrem perlu diwaspadai, terutama warga Sulawesi Barat yang bermukim di kawasan pesisir.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Ikat rumah ke pohon agar tidak terseret

Sejumlah warga Desa Bondra, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat mengikat rumahnya di pohon agar tidak terseret banjir dengan air yang semakin tinggi.

Menurut warga, pemukiman mereka sudah terendam banjir hingga setinggi lutut orang dewasa.

"Warga mengikat rumahnya di pohon agar tidak terseret air banjir ketika Sungai Mapilli semakin meluap dan arusnya semakin kencang," kata Alif, salah seorang warga setempat, Minggu (12/1/2020), seperti ditulis Antara.

Baca juga: Warga Ikat Rumah ke Pohon Agar Tak Terseret Banjir

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X