Banjir Bandang Rendam Ratusan Rumah di 2 Kecamatan di Lebak, Sejumlah Jembatan Putus

Kompas.com - 07/12/2019, 07:32 WIB
Banjir bandang menerjang sejumlah wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Lebak, Jumat (6/12/2019. IstimewaBanjir bandang menerjang sejumlah wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Lebak, Jumat (6/12/2019.

LEBAK, KOMPAS.com - Banjir bandang menerjang dua kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, Jumat (6/12/2019) malam.

Dilaporkan ratusan rumah terendam banjir dan sejumlah jembatan putus.

Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi mengatakan, banjir bandang terjadi setelah hujan deras mengguyur daerah tersebut sejak Jumat sore.

Akibatnya, aliran sungai meluap ke permukiman.

"Dua sungai meluap yakni Sungai Cisantayan di Kecamatan Cibeber dan Cimandur di Kecamatan Bayah," kata Kaprawi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (7/12/2019).

Baca juga: Hujan Disertai Pasang Air Laut, 457 KK di Belitung Terendam Banjir

Kaprawi merinci, sejumlah wilayah yang terdampak banjir bandang antara lain Desa Ciptajaya, Desa Hegarmanah, Desa Cimancak dan Bayah Barat di Kecamatan Bayah yang mengakibatkan setidaknya 150 rumah terendam.

Sementara di Kecamatan Cibeber, puluhan rumah juga dilaporkan terendam di antaranya di Desa Citorek Kidul dam Cisungsang.

Ketinggian banjir bervariasi mulai dari 30 cm hingga sepinggang orang dewasa. 

Selain merendam rumah, banjir bandang juga menyebabkan sedikitnya tiga jembatan putus.

Banjir bandang menerjang sejumlah wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Lebak, Jumat (6/12/2019.Istimewa Banjir bandang menerjang sejumlah wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Lebak, Jumat (6/12/2019.
Jembatan putus di antaranya yang menghubungkan Cipulus dan Ciusul, Jembatan Cikidang di Cisungsang, dan jembatan gantung yang menghubungkan Curug Bandung dan Pasir Gombong Bayah.

Longsor juga dilaporkan terjadi di beberapa titik di Kecamatan Cibeber dan menutup akses jalan ke Citorek dan objek wisata negeri di atas awan. 

"Ada 12 titik longsoran, di antaranya di jalan yang menghubungkan Cipulus dan Ciusul yang tertutup bongkahan batu longsoran, saat ini tengah dibersihkan," kata dia.

Baca juga: 27 Desa di Aceh Singkil Terendam Banjir, 5.191 KK Terdampak

Belum ada laporan korban jiwa dari peristiwa tersebut. 

Kaprawi mengatakan, pihak BPBD Kabupaten Lebak dan tim Satgas BPBD Provinsi Banten saat ini telah turun ke lapangan untuk mendata dan mengevakuasi korban banjir bandang di Kabupaten Lebak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X