Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Tahun 2020, Jabar Targetkan Pengembangan 10 Objek Wisata Perdesaan

Kompas.com - 08/11/2019, 18:02 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pihaknya telah melakukan survei terhadap 11 titik lokasi di perdesaan Jabar.

Hasil survei tersebut meyakinkan Pemerintah Jabar untuk mengembangkan 10 objek wisata perdesaan pada 2020.

“Di perdesaan kami dukung (objek wisata) dengan sarana dasar. Kebanyakan jalan menuju objek wisata yang minta diperhatikan,” kata Uu, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Pengembangan objek wisata perdesaan merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Jabar untuk memeratakan pembangunan, meningkatkan laju perekonomian, dan menggali potensi wisata.

Saat meninjau objek wisata Alam Pasir Langlang di Kabupaten Purwakarta, Uu juga mengatakan, kekayaan, keragaman produk lokal, serta ciri khas jati diri masyarakat Jabar akan menjadi prioritas untuk digali dan dimunculkan.

Baca juga: Program Bus Wisata Jabar Mulai Digandrungi Warga

Atas dipilihnya sektor wisata untuk dikembangkan, Uu memiliki alasan tersendiri.

“Sebab pariwisata memberikan multiplier effect, dipicu aktivitas wisata akan memacu timbulnya kegiatan ekonomi lain,” kata Uus, di Desa Pusakamulya Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, Jumat (8/11/2019).

Dalam mengembangkan wisata, promosi juga merupakan salah satu faktor yang penting. J

abar pun melakukan beberapa event sebagai sarana promosi, seperti West Java Festival 2019 yang bertepatan dengan peluncuran aplikasi informasi lokasi wisata di Jabar bernama Smiling West Java.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com