Gunung Salak di Sukabumi Terbakar, Penyebab Masih Diselidiki

Kompas.com - 07/11/2019, 20:20 WIB
Ilustrasi Kebakaran Hutan. ShutterstockIlustrasi Kebakaran Hutan.

SUKABUMI,  KOMPAS.com - Kawasan konservasi Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) di wilayah Sukabumi, Jawa Barat terbakar, Kamis (7/11/2019) malam ini.

Api melalap kawasan hutan hujan tropis pegunungan tersebut  tepatnya di Blok Legok Ipong, Pasir Malang, Kampung  Cihandeuleum, Desa/Kecamatan Cidahu.

"Berul ( kebakaran) di wilayah Cudahu. Saat ini sedang diupayakan pemadaman," kata Kepala Balai TNGHS Awen Supranata saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Kamis.

Dia menuturkan untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui,. Para petugas gabungan bersama unsur masyarakat masih terus berupaya menanggulangi api.

"Penyebab kebakaran belum diketahui, masih dalam penyelidikan," tutur dia.

"Mohon doanya supaya api cepat dapat dipadamkan,"  sambung Awen.

Balai TNGHS yang terletak di wilayah Sukabumi dan Bogor, Provinsi Jawa Barat serta Lebak, Provinsi Banten ini sesuai SK Menteri Kehutanan nomor 175/Kpts-II/2003 tanggal 10 Juni 2003 memiliki luas total 113.357 hektar.

Baca juga: Sampah Pengunjung yang Buang Sembarangan di Gunung Salak Dibersihkan, Terkumpul 515 Kilogram

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X