Perkenalkan, 2 Bayi Beruang Hasil Pengembangbiakan di Taman Safari Prigen

Kompas.com - 29/10/2019, 16:02 WIB
Dua ekor bayi beruang cokelat hasil pengembangbiakan di Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dok. Taman Safari PrigenDua ekor bayi beruang cokelat hasil pengembangbiakan di Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

MALANG, KOMPAS.com – Pengelola Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, resmi memperkenalkan dua ekor bayi beruang cokelat atau Ursus arctos hasil pengembangbiakan.

Kedua ekor bayi beruang ini berjenis kelamin jantan serta diberi nama Sakti dan Satria.

Senior Keeper Carnivor Taman Safari Prigen Musa Taebenu mengungkapkan, bayi beruang itu lahir dari indukan bernama Joy dan pejantan bernama Chiko pada 7 Juni 2019 lalu.

Baca juga: Mahasiswi di Ponorogo Menangis Ditilang Polisi hingga Menolak Diberi Tumpangan

Keduanya lahir dengan berat badan berkisar 400 hingga 600 gram. Saat ini, berat tubuh keduanya sudah mencapai 3,05 kilogram.

Pengelola Taman Safari Prigen menganggap lahirnya kedua bayi beruang cokelat ini sebagai bentuk keberhasilkan Taman Safari sebagai area konservasi satwa terluas di Asia.

“Proses persalinan bayi beruang cokelat ini terbilang cukup lancar secara alami pada pukul 02.00 dini hari. Saat itu, terdengar lengkingan suara Joy dari ruang bersalin khusus satwa," kata Musa dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (29/10/2019).

"Melalui perjuangan yang tidak mudah, akhirnya Joy mampu melewati proses kelahiran dengan baik,” kata Musa.

Kelahiran Satria dan Sakti merupakan kelahiran kali kedua untuk indukan Joy.

Sebelumnya, Joy telah melahirkan tiga ekor beruang cokelat yang diberi bernama Junior, Julio, dan Juni.

“Hal tersebut membuktikan bahwa fungsi Taman Safari Prigen sebagai lembaga konservasi terbilang cukup berhasil melalui program breeding-nya,” kata Musa.

Musa mengatakan, kesehatan kedua bayi beruang cokelat itu cukup terjaga.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X