Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Wali Kota Solo Minta Suporter Tak Berulah

Kompas.com - 25/10/2019, 06:11 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. 

Menanggapi hal itu, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengajak kepada seluruh suporter kesebelasan sepak bola di seluruh Indonesia untuk menjaga kesantunan.

"Kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah U-20 harus dimanfaatkan oleh semua lapisan, termasuk suporter dan penyelenggara itu sendiri. Sehingga mulai hari ini jangan sampai ada suporter yang berulah yang berujung kita mendapatkan sanksi," kata Rudy, sapaan akrabnya, di Solo, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini yang Disiapkan Ridwan Kamil

Rudy juga mengatakan, penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dapat memotivasi semua daerah yang ditunjuk menjadi venue pelaksanaan sepak bola dunia tersebut.

"Salah satu venue yang dipersyaratkan untuk melakukan perubahan lapangan Kota Barat. Banyuanyar nanti juga akan kita besarkan," ungkap Rudy.

Dikatakan, dua pekan lalu Pemkot Surakarta telah mengirimkan surat kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk berbagi tanggung jawab anggaran penyempurnaan lapangan di Solo.

Menurut dia, lapangan yang diusulkan perbaikan untuk persiapan Piala Dunia U-20 antara lain, Banyuanyar, Karangasem, Kota Barat, Stadion Sriwedari, dan lapangan UNS.

"Lapangan ini kira-kira mampu untuk mendukung program pelatihan maupun pemanasan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021," terangnya.

Persiapan lain yang juga telah dipersiapkan untuk mendukung terlaksananya Piala Dunia U-20 tahun 2021 adalah penginapan atau perhotelan, transportasi, dan lain-lain.

Namun demikian, kata Rudy, yang menjadi prioritas saat ini adalah perbaikan lapangan sebagai tempat latihan para pemain Piala Dunia U-20.

"Paling tidak rumput lapangan yang digunakan untuk latihan nanti seperti yang ada di Stadion Manahan," terang Rudy.

Seperti diberitakan, Indonesia resmi ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Baca juga: Berharap GBT Terpilih Jadi Venue di Piala Dunia U-20, Risma Janji Penuhi Syarat FIFA

Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 setelah FIFA selaku otoritas sepak bola tertinggi di dunia melakukan general meeting di Shanghai, China, Kamis (24/10/2019).

Dalam bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, Indonesia berhasil menyisihkan Brasil dan Peru yang juga mengajukan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com