Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Pelantikan, Lukisan Raksasa Presiden Jokowi Pakai Lurik dan Blangkon Terpasang di Solo

Kompas.com - 20/10/2019, 13:57 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Lukisan berukuran raksasa Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpasang di depan pintu masuk utama Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2019).

Lukisan tersebut dipasang untuk menyambut detik-detik pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI untuk periode 2019-2024.

Lukisan Presiden Jokowi tersebut berukuran 7,5 x 10 meter. Jokowi terlihat memakai baju lurik dan blangkon di kepala dengan latar belakang merah putih.

Baca juga: Ahok Hadiri Acara Pelantikan Jokowi-Maruf di Kompleks MPR-DPR

"Kami sengaja membentangkan lukisan Pak Jokowi biar masyarakat tahu karena ini memang pesta rakyat," kata Ketua Komunitas Bersama Jokowi (KBJ) yang merupakan organisasi relawan pendukung Jokowi, Yuli Asri Sukanti, kepada Kompas.com dalam tasyakuran pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin di Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Menurut dia, lukisan berukuran raksasa Presiden Jokowi merupakan karya anak bangsa dan telah berhasil mendapatkan rekor MURI.

Selain menampilkan lukisan Presiden Jokowi berukuran raksasa, pihaknya juga menampilkan berbagai pertunjukan dalam acara tersebut.

Seperti tumpengan, pakaian adat nusantara, pelepasan 2.000 burung, pembagian bunga, cukur gundul massal dan flashmob.

Baca juga: Ratusan Warga Doa Bersama Jelang Pelantikan Jokowi-Maruf

Wakil Ketua KBJ Umar Idrus Alhabsyi menambahkan tasyakuran tersebut sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas terpilihnya kembali Presiden Jokowi untuk lima tahun ke depan.

Sehingga dengan kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Indonesia lima tahun ke depan bisa menjadi lebih maju.

Selain itu, kata dia, Presiden Jokowi dapat kembali melanjutkan program-programnya demi kemakmuran masyarakat Indonesia.

"Peserta yang ikut tasyakuran tidak hanya dari Solo Raya. Tetapi juga relawan pendukung Jokowi dari berbagai kota, seperti Ambon, Bali dan lainnya datang ke sini," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com