Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersesat di Gunung Lompobattang, 8 Pendaki Ditemukan Selamat

Kompas.com - 09/10/2019, 21:35 WIB
Hendra Cipto,
Khairina

Tim Redaksi

 

 

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak delapan pendaki tersesat dalam perjalanannya saat hendak lintas pendakian dari Gunung Lompobattang menuju ke Gunung Bawakaraeng sejak Jumat (4/10/2019).

Delapan pendaki tersebut pun dinyatakan tersesat hingga akhirnya tim SAR Gabungan melakukan pencarian.

Delapan pendaki tersebut tersesat di jalur persimpangan dari Gunung Lompobattang menuju Gunung Bawakaraeng.

Baca juga: Kronologi Penyelamatan 13 Pendaki di Gunung Raung, Sempat Kembali Naik Saat Ada Kebakaran di Jalur Pendakian

Pada Senin (7/10/2019), delapan pendaki tersebut turun ke lembah dan di situlah mereka tersesat dan keluar dari jalur pendakian.

 Kedelapan pendaki asal dari Madipala UNM dan 3 orang pendaki asal Gowa atas nama Sofyan (L), Ardywirabuana (L), Nilam Rizky Marwah (P), Andian Ardiansyah (L), Aditya (L), Fadli (L), Ani (P), Dini Ardaningsih (P).

Mereka mulai kehabisan air serta mengalami hipotermia, dan akhirnya memutuskan untuk menghubungi pihak keluarga.

Rescuer Pos SAR Bantaeng tiba di kaki Gunung Lompobattang pada malam hari pukul 23.00 wita untuk kemudian melakukan pencarian di pos 7 Gunung Lompobattang.

“Tim SAR gabungan kami bagi menjadi 2 SRU (Search and Rescue Unit), tim pertama sudah mencapai pos 7 dan selanjutnya tim kedua yang sudah menambah jumlah personil dari potensi SAR melanjutkan pencarian di pukul 7 keesokan harinya, Selasa (8/10/2019),” kata Achmad Dahlan selaku komandan tim lapangan dalam rilis yang diterima KOMPAS.com, Rabu (9/10/2019).

Baca juga: Ini Kondisi 13 Pendaki yang Terjebak Kebakaran Hutan di Gunung Raung

Dahlan mengungkapkan, kedelapan pendaki berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan sesuai dengan titik yang dikirimkan salah seorang pendaki di pos 7 Gunung Lompobattang.

“Para pendaki ditemukan dalam keadaan lelah dan kelaparan, Selasa (8/10/2019) sore. Saat itu pula, tim SAR langsung melakukan penanganan medis dan sempat membuat camp sementara. Rabu (9/10/2019) pagi, barulah kedelapan korban dievakuasi di posko kaki Gunung Lompobattang dan telah diperiksa tim medis di Puskesmas Malakaji, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan,” jelasnya.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com