Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kondisi 13 Pendaki yang Terjebak Kebakaran Hutan di Gunung Raung

Kompas.com - 05/10/2019, 14:14 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Sebanyak 13 pendaki yang sempat terjebak kebakaran hutan di jalur pendakian Gunung Raung, Banyuwangi, Jawa Timur, akhirnya berhasil ditemukan.

Berdasar keterangan yang dihimpun, operasi pencarian hari kedua pada hari Sabtu (5/10/2019), pukul 03.30 WIB, tim SAR gabungan menemukan 13 pendaki di Pos 4.

Saat itu diputuskan untuk beristirahat sambil menunggu bantuan dan tim penjemput dari pos utama karena sebagian besar kondisi para pendaki mengalami kelelahan.

"Perkembangan lebih lanjut akan dilaporkan," ujar Asnawi Suroso, Koordinator Basarnas Pos SAR Jember, seperti dikutip dari Tribunnews.

Baca juga: Fakta Pendaki yang Tersesat dan Ditemukan Tewas, Diduga Jatuh dari Jurang hingga Tinggal Tulang Belulang

Sementara itu, dalam operasi pencarian para pendaki itu melibatkan tim gabungan dari Pos Pencarian dan Pertolongan Jember, BPBD Kabupaten Banyuwangi, Aparatur Kecamatan Kalibaru, Polsek Kalibaru, Koramil Kalibaru, SAR OPA Jember, 851 Rescue, Serdadu Alam 4 orang, BPBD Jember dan warga sekitar.

Seperti diketahui, kebakaran hutan melanda Gunung Raung sejak hari Jumat (4/10/2019). Dari pantauan petugas, kebakaran masih terjadi hingga Jumat malam.

"Kebakaran dikabarkan terjadi sekitar pukul 12.30. Hingga malam ini api masih terlihat di Gunung Raung," kata Kapolsek Kalibaru, AKP Jabbar.

Jabbar menambahkan, titik kebakaran berada di titik Pos 7 hingga Pos 9. Lokasi ini sebenarnya masuk wilayah Bondowoso.

"Yang terbakar masuk wilayah Bondowoso. Meskipun masuk wilayah Bondowoso, kami masih melakukan investigasi, karena dikabarkan ada pendaki yang terjebak," kata Jabbar.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: 13 Pendaki yang Terjebak di Gunung Raung Ditemukan Tim SAR dalam Kondisi Kelelahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com