Sepanjang 2019, Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp 120 Miliar Digagalkan

Kompas.com - 07/10/2019, 12:16 WIB
Sejak awal 2019, Tim Satgasgab F1QR Koarmada I berhasil mengagalkan upaya penyelundupan ratusan ribu benih baby lobster dari Indonesia menuju Singapura senilai Rp 120,8 miliar. KOMPAS.com/HADI MAULANASejak awal 2019, Tim Satgasgab F1QR Koarmada I berhasil mengagalkan upaya penyelundupan ratusan ribu benih baby lobster dari Indonesia menuju Singapura senilai Rp 120,8 miliar.

BATAM, KOMPAS.com - Sejak Januari hingga awal Oktober 2019, Tim Satuan Tugas Gabungan (Satgasgab) F1QR Koarmada I berhasil mengagalkan upaya penyelundupan ratusan ribu benih baby lobster dari Indonesia menuju Singapura.

Benih lobster yang akan diselundupkan itu senilai Rp 120,8 miliar.

Tim Satgasgab F1QR Koarmada I yang terdiri dari Guskamla Koarmada I, Lantamal IV dan Lanal Batam, berhasil mengamankan 797.855 benih lobster yang akan diselundupkan.

Baca juga: TNI Amankan Bayi Lobster Senilai Rp 11 Miliar, Pelaku Melarikan Diri

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah mengatakan, ratusan ribu benih lobster ini diamankan dari lima kasus yang berbeda.

"Jadi rata-rata benih lobster ini didatangkan dari Jambi, dan akan diselundupkan dari Indonesia menuju Singapura melalui Kota Batam," kata Arsyad ketika ditemui saat perayaan HUT ke-74 TNI di Nongsa, Batam, Senin (7/10/2019).

Dengan angka penyelundupan yang semakin besar, TNI terus memperketat penjagaan gugus terdepan keamanan laut NKRI.

Hal tersebut untuk menghentikan aksi penyelundupan benih lobster yang kian marak berlangsung.

"Terkait ada atau tidaknya keterkaitan antara kelima kasus penyelundupan, ini masih terus kami kembangkan," kata Arsyad.

Baca juga: Gempa Susulan Guncang Ambon, Warga Panik Berhamburan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X