Masih Rawan Kebakaran, Akses Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Masih Ditutup

Kompas.com - 02/10/2019, 06:46 WIB
Salah satu tim gabungan saat berusaha memadamkan kebakaran hutan di Gunung Arjuno, Jawa Timur, Senin (30/9/2019) Dok BPBD Kota BatuSalah satu tim gabungan saat berusaha memadamkan kebakaran hutan di Gunung Arjuno, Jawa Timur, Senin (30/9/2019)

MALANG, KOMPAS.com – Pengelola Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo belum membuka jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang, meskipun kebakaran hutan di kawasan itu sudah dipastikan padam.

Pihak pengelola menganggap jalur pendakian gunung setinggi 3.339 mdpl itu masih belum aman bagi pendaki karena masih berpotensi terjadi kebakaran hutan.

“Pendakian masih ditutup, karena rawan kebakaran,” kata Kepala Tahura R Soejo, Ahmad Wahyudi, melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (1/10/2019).

Wahyudi mengatakan, selama musim kemarau masih berlangsung, potensi kebakaran hutan di kawasan itu masih tinggi. Karenanya, pihaknya akan membuka jalur pendakian setelah musim kemarau berlalu.

Baca juga: Kebakaran Hutan Gunung Arjuno Capai 100 Hektar, Sejumlah Vegetasi Hangus Terbakar

“Sampai turun hujan mas, biar tidak ada lagi debu dari sisa-sisa kebakaran,” kata dia.

Hutan di kawasan Gunung Arjuno sudah terbakar sebanyak dua kali selama musim kemarau ini. Pertama, hutan di kawasan itu terbakar pada akhir Bulan Juli hingga awal Bulan Agustus.

Ketika itu, petugas mengerahkan water bombing atau pengebom air melalui helikopter untuk memadamkan api. Luas kebakaran diperkirakan mencapai 300 hektar.

Hutan di kawasan itu kembali terbakar pada Sabtu (28/9/2019) lalu. Api baru bisa dipadamkan pada Selasa (1/10/2019).

Luas kebakaran diperkirakan mencapai 100 hektare dengan membakar sejumlah vegetasi hutan berupa cemara, manisrejo dan semak belukar.

Baca juga: Karhutla di Gunung Arjuno, Sebagian Besar Api Sudah Padam

Setelah kebakaran pertama padam, pengelola Tahura R Soerjo sempat membuka akses pendakian menuju Gunung Arjuno dan Welirang.

Lalu pada 17 September, pengelola kembali menutup akses pendakian karena dianggap hutan di Gunung Arjuno dan Welirang rawan terjadi kebakaran.

Gunung Arjuno dan Welirang merupakan dua gunung yang berdampingan.

Pendakian menuju dua gunung itu bisa dilalui dalam satu perjalanan pendakian. Keduanya berada di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X