Harapan "Netizen" pada DPR Baru, dari Mulan Jameela, Yasonna Laoly, hingga UU KPK

Kompas.com - 01/10/2019, 16:26 WIB
Mulan Jameela hadir dalam pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024, Selasa (1/9/2019). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaMulan Jameela hadir dalam pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024, Selasa (1/9/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Anggota DPR hasil Pemilu 2019 resmi dilantik hari ini, Selasa (1/10/2019). Di tengah gejolak aksi demonstrasi yang ditujukan pada DPR, netizen masih menaruh harapan besar kepada 575 anggota Dewan.

Indonesia Indicator (I2) melalui sistem Intelligence Perception Analysis (IPA) mencatat, sepanjang 1-30 September 2019, terdapat 22.491 percakapan dari 9.949 akun, dengan 77 persen akun milenial.

Dalam percakapan tersebut, sebanyak 7.353 twit di Twitter, berisi harapan terhadap anggota DPR RI yang baru.

"Harapan netizen yang paling tergambar kepada anggota DPR baru adalah menolak RKUHP dan memperkuat KPK,” ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang saat dihubungi Selasa (1/10/2019).


Baca juga: Buntut Mulan Jameela Jadi Anggota DPR, PN Jaksel dan 39 Orang Termasuk Prabowo Digugat

RKUHP, sambung Rustika, dianggap merugikan masyarakat dan dinilai akan memunculkan kriminalisasi terhadap oposisi atau para aktivis dengan pasal penghinaan presiden.

“DPR baru diharapkan mampu dengan tegas menolak RKUHP," tuturnya.

Total cuitan netizen yang menolak RKUHP dan UU KPK, menurut Rustika, mencapai 5.892. Netizen mengharapkan DPR baru mampu memperkuat KPK. Baik dengan dengan mendorong penerbitan Perppu atau judicial review ke MK.

Selain itu, netizen banyak memberikan ucapan selamat kepada legislator terpilih, termasuk mengharapkan acara pelantikan anggota DPR RI berlangsung sukses. Total twit yang berharap agar pelantikan berlangsung lancar mencapai 2.330.

Baca juga: Gugatan Mulan Jameela cs Dikabulkan, KPU Serahkan ke Gerindra

Tindak pidana korupsi juga merupakan salah satu isu yang menjadi perbincangan netizen. Mereka berharap, DPR baru jauh dari tindak pidana korupsi. Total twit soal ini mencapai 450.

Menurut Rustika, netizen berharap DPR baru mampu mengubah citra DPR lama yang identik dengan deretan kasus korupsi. Selain itu, ada pula 339 twit yang menginginkan DPR baru amanah dan adil.

I2 juga mencatat sejumlah isu besar yang diperbincangkan netizen terkait pelantikan anggota baru DPR. Perbincangan tentang tolak RKUHP dan UU KPK mendominasi percakapan hingga 5.892 twit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X