Cegah Aksi Demo Pelajar, Ini yang Dilakukan Ganjar Pranowo

Kompas.com - 30/09/2019, 14:22 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menemui ribuan mahasiswa dalam aksi demonstrasi di depan Gubernuran Jateng, Selasa (24/9/2019) lalu. dok.HUMAS PEMPROV JATENGGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menemui ribuan mahasiswa dalam aksi demonstrasi di depan Gubernuran Jateng, Selasa (24/9/2019) lalu.

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyesalkan peristiwa demonstrasi di Magelang, Jawa Tengah, yang berakhir ricuh.

Terlebih lagi, aksi demo tersebut melibatkan pelajar sekolah.

Untuk itu, Ganjar meminta agar Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) segera turun tangan untuk mencegah peristiwa serupa.

"Demonstrasi yang melibatkan pelajar terjadi di sejumlah tempat. Ayo KPAI turun tangan dong, bareng-bareng sama saya," kata Ganjar usai menghadiri 12th Cooperation Forum di Hotel Po Kota Semarang, Senin (30/9/2019).

Baca juga: Siswa SMA dan SMK di Garut Dijamin Tak Ikut Demo Lagi

Ganjar mengatakan bahwa dia sudah menyampaikan hal tersebut dengan seluruh kepala sekolah SMA/SMK/SLB se-Jateng untuk mengawasi murid-muridnya.

Selain itu, Ganjar mengimbau seluruh kepala sekolah untuk melarang siswanya ikut berdemonstrasi.

"Saya minta Kepsek untuk sekaligus ngandani (memberitahu) orang tua siswa, agar semua ikut mengawasi dan mengendalikan," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, para pelajar tidak perlu ikut-ikutan turun ke jalan untuk melakukan aksi demonstrasi.

Sebab, banyak yang belum memahami substansi tuntutan yang disuarakan.

Ganjar mengatakan, tugas para pelajar itu adalah fokus untuk belajar di sekolah.

"Kemarin kan banyak yang tidak tahu itu demo apa, kasihan mereka sebenarnya. Yang demo biar mahasiswa saja, mereka sudah cukup umur dan punya suara. Kalau pelajar kan masih anak-anak, jangan. Belajar saja, apalagi kemarin habis UTS," ujar Ganjar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X