Berpakaian Serba Hitam, Mahasiswa Protes UU KPK hingga Tolak RUU Pertanahan

Kompas.com - 23/09/2019, 13:58 WIB
Ribuan mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan gedung DPRD Kota Malang memprotes sejumlah RUU, Senin (23/9/2019) KOMPAS.COM/ANDI HARTIKRibuan mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan gedung DPRD Kota Malang memprotes sejumlah RUU, Senin (23/9/2019)

MALANG, KOMPAS.com - Massa mahasiswa dari sejumlah kampus di Malang menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Kota Malang, Senin (23/9/2019).

Berpakaian serba hitam, mereka memprotes sejumlah undang-undang dan rancangan undang-undang (RUU) yang diaggap merugikan rakyat.

Seperti RUU Pertanahan yang dianggap pro investor, UU Sumber Daya Air yang dinilai melegitimasi privatisasi sumber daya air, UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memuat pasal yang melemahkan kewenangan KPK, serta seleksi pimpinan KPK yang dianggap oligarki serta RKUHP yang disebut telah memberangus hak kebebasan berpendapat.

Baca juga: UGM dan Sanata Dharma Keluarkan Surat Edaran Terkait #GejayanMemanggil

Mereka juga memprotes kasus kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan dan Riau yang dianggap dilakukan oleh korporasi.

Pemerintah juga dinilai melakukan kriminalisasi terhadap pejuang HAM Veronika Koman dan Surya Anta serta menolak kenaikan iuran BPJS.

"Tolak RUU KUHP, tolak RUU Pertanahan, tolak revisi undang-undang ketenagakerjaan, tolak undang-undang KPK," kata Koordinator Badan Pekerja Malang Corruption Watch (MCW) Fachrudin dalam orasinya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X