Kabut Asap di Aceh Utara Belum Berdampak ke Kesehatan Warga

Kompas.com - 22/09/2019, 19:30 WIB
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan Shutterstock.comIlustrasi kebakaran hutan dan lahan

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara menyatakan meski kabut asap melanda sejumlah daerah di Provinsi Aceh, namun belum berdampak pada kesehatan masyarakat.

Padahal, dalam sepekan ini kabut asap melanda Aceh termasuk Kabupaten Aceh Utara.

“Karena daerah kita bukan langsung terpapar dengan asap dari kebakaran hutan. Sampai saat ini tidak ada gangguan langusng (kesehatan) akibat kabut asap itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Khalmida, dihubungi melalui telepon, Minggu (22/9/2019).

Jika pun ada penyakit inspeksi saluran pernapasan atas (ISPA) sambungnya, itu bukan disebabkan terpapar kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan. Namun disebabkan oleh virus.

Baca juga: Hilangkan Kabut Asap, BPBD Sumsel Akan Kembali Modifikasi Cuaca

Lalu apa yang dilakukan untuk masyarakat?

“Kalau pembagian masker itu dikerjakan oleh Puskesmas sesuai kebutuhan di kecamatan masing-masing. Yang penting jaga daya tahan tubuh dan pakai masker jika berkendaraan saja jika terpapar dengan debu,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, kabut asap melanda Kabupaten Aceh Utara, Lhokseumawe, Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

Dipastikan kabut asap itu berasal dari kebakaran hutan dan lahan di luar Provinsi Aceh. BMKG Kantor Bandara Sultan Malikussaleh, menyatakan jarak pandang sore ini 4,7 kilometer.

Baca juga: Puting Beliung Rusak 49 Rumah, Aceh Utara Tetapkan Bencana Daerah

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X