Warga Asmat Papua Deklarasikan Jaga Keamanan dan Persatuan

Kompas.com - 13/09/2019, 15:54 WIB
Forkopimda dan warga Asmat gelar deklarasi damai di halaman Mapolres Asmat, Jumat (13/9/2019) KOMPAS.com/IRSUL PANCA ADITRAForkopimda dan warga Asmat gelar deklarasi damai di halaman Mapolres Asmat, Jumat (13/9/2019)

ASMAT, KOMPAS.com - Warga Kabupaten Asmat, Papua, menggelar deklarasi damai menjaga keamanan dan persatuan.

Deklarasi ini berlangsung di Halaman Mapolres Asmat, dengan dipimpin langsung Bupati Elisa Kambu, pada Jumat (13/9/2019).

Tema deklarasi damai tersebut yakni, Deklarasi Kesepakatan Bersama dalam Rangka Menjaga Papua Tanah Damai di Wilayah Kabupaten Asmat.

Selain warga, deklarasi itu juga diikuti Wakil Bupati Thomas Eppe Safanto, Sekretaris Daerah Asmat Bartholomeus Bokoropces, dan Kapolres AKBP Andi Yoseph Enoch.


Selain itu, dihadiri perwira penghubung 1707 Merauke di Asmat Komarudin, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan.

Baca juga: Polres Asmat Temukan Empat Jenazah Diduga Pendulang Emas di Yahukimo

Adapun, naskah deklarasi yang dibacakan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Asmat Fabianus Beworuci di antaranya, sepakat menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia di Tanah Papua.

Warga Asmat bersepakat hidup berdampingan dengan rukun, damai dan penuh kasih sayang.

Kemudian, warga Asmat tidak terpengaruh isu-isu yang tidak benar, serta sepakat menolak kelompok separatis dan radikal di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

Sebagai bentuk komitmen tersebut, semua yang menghadiri deklarasi membubuhkan tanda tangan di atas kain putih yang dibentangkan.

Bupati Elisa Kambu mengatakan, Asmat merupakan kabupaten yang paling aman.

Itu disebabkan kerukunan antar masyarakat sangat kuat, meski berbeda suku, agama, dan ras.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X