Kesaksian Guru SMK yang 6 Tahun Pakai Mobil Pikap Esemka Bima

Kompas.com - 10/09/2019, 17:21 WIB
Dwi Budhi Martono (56), guru otomotif SMK Negeri 2 Surakarta bersama mobil pikap Esemka Bima putih miliknya di SMKN 2 Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/9/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIDwi Budhi Martono (56), guru otomotif SMK Negeri 2 Surakarta bersama mobil pikap Esemka Bima putih miliknya di SMKN 2 Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/9/2019).

SOLO, KOMPAS.com - Dwi Budhi Martono (56), guru otomotif SMK Negeri 2 Surakarta sudah merasakan secara langsung ketangguhan mobil pikap Esemka Bima buatan anak bangsa.

Bahkan, mobil pikap Esemka Bima putih yang sudah dia gunakan selama 6 tahun untuk keperluan sehari-hari, sampai sekarang masih dalam kondisi baik.

"Kondisi mobil saat ini masih layak pakai. Walaupun itu (speedometer-nya) sudah sekitar 300.000 kilometer," ungkap Dwi saat ditemui di SMKN 2 Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/9/2019).

Baca juga: Ganjar Pranowo Ingin Esemka Jadi Mobil Dinas di Seluruh Pemprov Jateng

Dwi menyampaikan, mobil pikap Esemka Bima miliknya merupakan produk pertama PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), sebelum diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mobil tersebut dirakit oleh dirinya bersama 10 siswa di SMKN 2 Surakarta pada 2012.

Proses perakitan mobil menghabiskan biaya produksi sekitar Rp 50 juta.

"Mobil saya yang Esemka Bima ini 1.100 cc tahun 2012. Kemudian teruji dan terdokumentasi keluar BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) tahun 2013," ujar warga Jajar, Laweyan, Solo, Jawa Tengah tersebut.

Dwi sudah membawa mobil Esemka Bima berjelajah ke berbagai daerah di Indonesia.

Ke daerah timur, misalnya Malang, dan Banyuwangi. Kemudian daerah barat seperti Serang, Banten.

Presiden Joko Widodo menaiki salah satu produk mobil yang diluncurkan bersamaan dengan peresmian pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi, di Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) siang.ISTANA PRESIDEN/AGUS SUPARTO Presiden Joko Widodo menaiki salah satu produk mobil yang diluncurkan bersamaan dengan peresmian pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi, di Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) siang.

Dwi mengaku belum menemukan kendala apapun terhadap mobilnya.

Baik dari faktor mesin, suspensi, dan lain-lain, semua dalam kondisi prima.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X