Kritisi Penerimaan Dosen, Seorang Pengajar di Unsyiah Dilaporkan ke Polisi

Kompas.com - 02/09/2019, 12:01 WIB
Ilustrasi REUTERS/ Dado RuvicIlustrasi

 

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Mencoba mengkritisi penerimaan calon dosen yang disampaikan dalam sebuah grup WhatsApp, Saiful Mahdi, seorang dosen di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dilaporkan oleh rekan sesama dosen ke polisi.

Saiful Mahdi mengkritisi hasil tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk dosen Fakultas Teknik pada akhir 2018 di Universitas Syiah Kuala ( Unsyiah) Banda Aceh.

Baca juga: Via WhatsApp, Mahasiswi IPB Ini Diberhentikan Sepihak dari Kompetisi Esai

Menurutnya, secara statistik ada kejanggalan dari hasil tes tersebut. Komentarnya disampaikan dalam grup WhatsApp internal kampus “UnsyiahKITA”.

Di grup WA tersebut Saiful menulis:

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Dapat kabar duka matinya akal sehat dalam jajaran pimpinan FT Unsyiah saat tes PNS kemarin. Bukti determinisme teknik itu sangat mudah dikorup.? Gong Xi Fat Cai!!! Kenapa ada fakultas yang pernah berjaya kemudian memble? Kenapa ada fakultas baru begitu membanggakan? Karena meritokrasi berlaku sejak rekrutmen hanya pada medioker atau terjerat “hutang” yang takut meritokrasi”

Penetapan tersangka Saiful Mahdi setelah dilaporkan oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala ke polisi.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto menyebutkan tersangka dilaporkan atas pencemaran nama baik yang dilakukan di media sosial.

Ia juga menyebutkan, dalam perkara ini, pihaknya telah mengirim surat panggilan untuk dimintai keterangan sebagai tersangka pada Senin 2 September 2019. 

"Yang bersangkutan diminta menjumpai penyidik untuk dimintai keterangan sebagai tersangka," kata Kapolres Trisno, Minggu (1/9/2019).

Sebelumnya surat penetapan tersangka terhadap dosen Unsyiah itu beredar luas di media sosial.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X