Via WhatsApp, Mahasiswi IPB Ini Diberhentikan Sepihak dari Kompetisi Esai

Kompas.com - 28/08/2019, 14:55 WIB
Ilustrasi buku MaskaRadIlustrasi buku

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Seorang mahasiswi Institut Pertanian Bogor ( IPB) berinisial AJM diberhentikan dari statusnya sebagai partisipan International Summer Course Sustainable Agrifood Management in Indonesia (SAMI 2019) “From Traditional to Digital” di IPB.

Acara berskala internasional ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara dan dilaksanakan dari tanggal 18 Agustus sampai 28 Agustus 2019.

Namun, baru seminggu kursus berjalan, mahasiswi semester 5 ini diberhentikan tanpa alasan dan kesalahan yang tidak jelas. Pemberhentian itu dilakukan oleh seorang oknum dosen di salah satu fakultas di IPB.

Hal itu diceritakan AJM kepada Kompas.com, Selasa (27/8/2019).

Baca juga: Kabar Beasiswa Mahasiswi IPB Dicabut karena Pindah Agama, Pemkab Simalungun Setor Uang Kuliah

Tindakan sepihak dosen

"Jadi dikeluarkannya cuman gitu doang lewat WhatsApp jadi aku ngerasa dia mengeluarkan aku secara sepihak tanpa mendengarkan dulu dan tidak melibatkan panitia dan dosen lainnya, jadi hari Sabtu itulah aku langsung diberhentikan sepihak," kata mahasiswi asal Kabupaten Simalungun itu kepada Kompas.com, Selasa (27/8/2019).

Perempuan kelahiran 1997 itu menilai, keputusan yang diambil oleh dosen tersebut, sebagai suatu tindakan sepihak.

Sebab, mengabaikan haknya sebagai seorang partisipan tanpa mendengar sedikit pun keterangan dirinya sebagai pihak yang dikorbankan.

Menurutnya, pemberhentian itu tidak masuk akal. Pasalnya, sanksi yang diberikan sangat cepat tanpa terlebih dahulu diberikan peringatan, bahkan tak sekalipun diberikan kesempatan untuk mengetahui penyebabnya.

Sementara itu, AJM juga merasa dirinya tidak pernah mendapatkan surat keterangan pemberhentian dari pihak IPB yang dijanjikan dosen tersebut.

Baca juga: Klarifikasi Kabar Mahasiswi IPB Dicabut Beasiswanya karena Pindah Agama

Kompetisi Esai

AJM mengatakan, sejak acara dimulai ia telah tercatat sebagai partisipan bersama tiga orang temannya mewakili Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) di kampus tersebut.

Kegiatan SAMI ini kata dia, setiap peserta harus membuat esai dan nantinya diajukan ke panitia sebagai syarat mengikuti summer course.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X