Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan 9 Negara, Unpad Borong Penghargaan Kompetisi Paduan Suara di Italia

Kompas.com - 27/08/2019, 18:53 WIB
Reni Susanti,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Paduan suara mahasiswa (PSM) Universitas Padjadjaran (Unpad) menjadi juara umum pada 67th International Choral Competition di Arezzo, Italia, 22-24 Agustus 2019.

“PSM Unpad sukses menjadi juara umum Gran Premio Citta d’Arezzo setelah mengalahkan kompetitor dari 9 negara,” ujar Ketua Gerakan Indonesia Kirana 2019 dari PSM Unpad, Dewi Mayangsari saat dihubungi, Selasa (27/8/2019).

Dewi menjelaskan, kemenangan ini bukan yang pertama bagi PSM Unpad. Beberapa waktu lalu, PSM Unpad meraih kemenangan serupa.

Untuk tahun ini, PSM Unpad meraih sejumlah penghargaan yang diikuti. Antara lain, juara 1 kategori musica sacra, juara 2 monographic program, juara 3 compulsory program.

Baca juga: Kanjat, Kantin Buruan Mahasiswa Unpad yang Ramah di Kantong

Selain itu, konduktor PSM Unpad, Arvin Zeinullah memboyong penghargaan khusus, yaitu Special Prize of Best Performance for Living Italian Composer “Sicut Cervus” dan Special Prize of Best Interpretation for Contemporary Piece from Pietro Ferrario “Ubi Caritas”.

Pada kategori International Festival of Folk Music, PSM Unpad membawa gelar juara favorit Premio Del Pubblico melalui penampilan Paris Barantai, Mande-mande, dan Gayatri.

Variasi program dan kekuatan pembawaan lagu, sambung Dewi, menjadi kunci kemenangan tim PSM Unpad yang beranggotakan 42 orang penyanyi tersebut.

“PSM Unpad membawa nama Indonesia Kirana sebagai bentuk misi kebudayaan melalui kompetisi dan pagelaran kebudayaan,” ungkapnya.

Dewi menjelaskan, timnya menghabiskan waktu 7 bulan persiapan untuk meraih kesuksesan di ajang paduan terbesar di dunia tersebut.

Baca juga: Mengintip Cara Belajar Si Genius Elysia, Mahasiswa Termuda Unpad Ber-IQ 140

Atas kemenangannya itu, PSM Unpad menjadi paduan suara mahasiswa Indonesia pertama yang melaju ke babak final European Grand Prix (EGP) for Choral Singing 2020 yang akan dilaksanakan di Debrecen, Hungaria.

EGP merupakan puncak final paduan suara yang tergabung dalam asosisasi kompetisi di Varna-Bulgaria, Tours-Perancis, Arezzo-Italia, Maribor-Slovenia, Debrecen-Hungaria, dan Tolosa-Spanyol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com