Gelak Tawa Saat Ganjar Bermain Ketoprak, Banyak Improvisasi

Kompas.com - 25/08/2019, 13:41 WIB
Inilah salah satu adegan saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memerankan sebagai Pangeran Samber Nyawa dalam Pagelaran Pentas Seni Ketoprak, Spesial Hari Jadi Ke-69, Provinsi Jateng dengan Lakon Laskar Bumi Nglaroh yang digelar di Pendopo Kantor Bupati Wonogiri, Sabtu ( 24 / 8 / 2019) malam. KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWIInilah salah satu adegan saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memerankan sebagai Pangeran Samber Nyawa dalam Pagelaran Pentas Seni Ketoprak, Spesial Hari Jadi Ke-69, Provinsi Jateng dengan Lakon Laskar Bumi Nglaroh yang digelar di Pendopo Kantor Bupati Wonogiri, Sabtu ( 24 / 8 / 2019) malam.

WONOGIRI, KOMPAS.com — Terdengar gelak tawa saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bermain ketoprak meramaikan hari jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah di Pendopo Kabupaten Wonogiri, Sabtu (24/8/2019) malam.

Ganjar memerankan tokoh utama Raden Mas Said yang tenar dengan sebutan Pangeran Samber Nyowo.

Di masa yang lalu, Pangeran Samber Nyowo dikenal sebagai sosok putra keraton Surakarta yang getol melawan penjajah Belanda.

Pagelaran pentas seni ketoprak dengan lakon Laskar Bumi Nglaroh yang digelar di Pendopo Kantor Bupati Wonogiri menjadi tontonan warga yang sudah menanti sejak bakda magrib.


Warga penasaran aksi orang nomor satu di Jateng itu berperan sebagai pemain utama.

Ganjar berperan sebagai RM Said atau Pangeran Samber Nyawa, Bupati Wonogiri Joko Sutopo sebagai Nicholas (Jenderal Kolonial Belanda). Ketoprak juga diramaikan oleh sejumlah pejabat Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: Saat Ganjar Pranowo Ditantang Minum Jamu Brotowali

Gamelan ketoprak dimainkan oleh siswa-siwi SMP 5 Wonogiri.

Ketoprak tersebut mengisahkan perjuangan RM Said melawan penjajah Belanda dari bumi Nglaroh atau cikal bakal Wonogiri.

Pangeran Samber Nyowo dibenci Belanda karena tidak taat pada perintah pemerintah Hindia Belanda.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X