KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Saat Ganjar Pranowo Ditantang Minum Jamu Brotowali

Kompas.com - 24/08/2019, 18:23 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo harus menerima tantangan Rastiti, bakul atau penjual jamu gendong asal Wonogiri.

Badan pegal dan capek-capek yang dikeluhkan Ganjar, dijawab Rastiti dengan segelas oplosan jamu yang terdiri dari brotowali, cabe puyang dan daun kates.

Kejadian itu terjadi pagi tadi, Sabtu (24/8/2019), usai Ganjar melakukan senam dan jalan sehat keliling Kota Wonogiri.

Setelah olahraga, Ganjar langsung menuju alun-alun untuk sarapan. Nasi pecel pincuk yang dipilih. Selesai makan kemudian ia menyambangi bakul jamu. 

"Kalau pegal dan capek jamunya apa, Bu?" tanya Ganjar pada Rastiti, dikutip dari siaran resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu.

"Cocoknya ya Brotowali, pak. Berani? Tapi harus dihabiskan" kata ibu-ibu asli Semin Purworejo Wonogiri itu.

Brotowali merupakan salah satu jenis jamu yang sangat pahit rasanya. Biar khasiatnya semakin ces pleng, Rastiti menambahkan daun kates atau pepaya yang tidak kalah pahit dan cabe puyang yang rasanya getir.

"Coba sini. Beras kencure ojo lali," kata Ganjar menerima tantangan.

Tidak ingin menikmati sendirian, Ganjar juga menawarkan jamu serupa untuk sang istri, Siti Atikoh. Sontak saja mereka berdua dibikin merem melek karena pahit yang lekat di lidah. Melihat hal itu Rastiti tanggap ing sastima atau sadar kondisi, dengan memberi penawar berupa beras kencur.

"Brotowali ini bisa menyembuhkan pegal-pegal sampai rematik. Selain itu, juga menambah nafsu makan. Cabe Puyang juga untuk pegal, dan melancarkan pencernaan," kata Rastiti.

Begitu menenggak habis "oplosan" jamu itu, Ganjar justru senyum-senyum sambil merem melek. Rasanya memang seperti ada rasa pahit yang menempel lekat di seluruh lidah.

"Ini rasanya seperti warnanya, hitam pahit. Nah kalian anak-anak muda, harus mencoba ini biar sehat dan kuat. (Ayo) yang tua juga (cobain)," kata Ganjar.

Selain dikenal sebagai kota Mie Ayam, Wonogiri juga sangat dikenal dengan sebutan kota jamu. Maklum saja, di sudut-sudut daerah ini penjual jamu gendong masih sangat mudah ditemui.

Hal itu juga didukung dengan komoditas jamu yang juga lengkap. Penjual jamu gendong sendiri jadi salah satu tamu istimewa di gelaran Pesta Rakyat HUT Jateng ke 69 yang diselenggarakan sejak Jumat (23/8/2019) hingga Minggu (25/8/2019).

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com