Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Jenazah ABK KM Mina Sejati Dievakuasi ke Dobo

Kompas.com - 21/08/2019, 15:48 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Dua anak buah kapal (ABK) KM Mina Sejati yang menjadi korban tewas dalam insiden perkelahian antara sesama ABK, saat ini sedang dievakuasi menuju Pelabuhan Yos Sudarso, Dobo, Kepulauan Aru, Maluku, Rabu (21/8/2019).

Jenazah korban tewas yang diketahui bernama Wahidin dan Masrohin itu saat ini masih berada di atas KM Gemilang Samudera bersama tiga ABK lainnya yang sebelumnya tidak sempat dibawa oleh KRI Teluk Lada milik TNI Angkatan Laut.

“Sementara dievakuasi dari KM Gemilang Samudera menuju Dobo, sebentar lagi sudah tiba,” kata Komandan Lanal Aru, Letkol Laut Suharto Silaban kepada Kompas.com saat dikonfirmasi.

Baca juga: Cuaca Buruk, Satu ABK KM Mina Sejati Jatuh ke Laut Saat Evakuasi

Dia menjelaskan, saat ini delapan ABK KM Mina Sejati yang sebelumnya telah tiba di Dobo, sementara ditampung di Pangkalan TNI AL Aru untuk menjalani pemeriksaan.

Menurut Silaban, jika dalam pemeriksaan nanti, delapan ABK tersebut terbukti terlibat dalam tindak kriminal, maka pihaknya akan menyerahkan para ABK tersebut ke polisi untuk diproses hukum lebih lanjut.

“Kalau nanti mereka terbukti terlibat tindak pidana, akan kita serahkan ke penyidik Polres Kepulauan Aru,” kata Silaban.

Mengenai keberadaan 23 ABK KM Mina Sejati lainnya yang belum diketahui nasibnya hingga saat ini, Silaban mengaku tidak mengetahui kondisinya.

Insiden yang terjadi di atas KM Mina Sejati pada Sabtu (17/8/2019) pekan lalu itu menyebabkan 7 ABK tewas.

Kemudian, 11 ABK selamat dan sisanya sebanyak 23 ABK lainnya belum diketahui keberadaannya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com